RIP Philip Seymour Hoffman (1967 – 2014)

Gambar

Kabar mengejutkan datang Senin (3/1) dini hari tadi saat sedang menonton liga Spanyol, saya iseng sambil browsing di HP. Tertulis singkat di beranda Facebook: RIP Philip Seymour Hoffman. Langsung buyar fokus bolanya, saya cek ke web totalfilm, bbc, detik, sampai tribunnews untuk kebenarannya. Shock! Actor besar itu over dosis obat terlarang jenis heroin. Ditemukan meninggal di kamar mandi di apartemennya di New York. Menurut temannya, seorang penulis David Bar Katz yang berencana menjemputnya, Phil hanya mengenakan celana dalam dan jarum suntik masih menancap di lengan. Saat itu juga dia langsung menghubungi layanan darurat 911. Sungguh sangat disayangkan, kematiaannya karena hal yang sebenarnya bisa dikendalikan. Maksudnya kematian yang konyol, macam orang mati karena mabok oplosan. Phil adalah actor besar peraih Oscar tahun 2005 atas perannya yang menawan sebagai penulis Truman Capote. Saya termasuk yang mengikuti perkembangannya, menyukai peran-perannya sebagai villain berkarakter.

Lebih dari 60 film baik blockbuster ataupun indie telah dijalaninya. Mission Imposible 3 bisa jadi keren bukan hanya karena Tom Cruise. Big Lebowski dan Boogie Night bisa jadi mengangkat namanya. Magnolia luar biasa. The Master memberinya penampilan pendukung yang wow. Terakhir, Katnis Everdeen memang bermain luar biasa di francise The Hunger Game tapi Catching Fire jadi lebih berisi karena Phil Hoffman. Seri ketiga, Mocking Jay yang rencananya dipecah jadi dua konon sudah selesai syuting untuk bagian satu. Jadi tetap kita bisa menikmati perannya di sini, yang bagian dua bisa jadi cari peran pengganti atau pakai teknologi mo-cap seperti di film Imaginarium Doctor Parnassus atas peran Heath Ledger yang juga mati karena over dosis.

Sebenarnya tahun lalu dia sempat curhat ke media bahwa dia mengalami kecanduan narkoba, dan minta bantuan rehabilitasi agar bisa sembuh. Namun malang niatan itu tak kesampaian. Sungguh mengejutkan aktor secerdas Phil Hoffman mati konyol.

Selamat jalan Philip Seymour Hoffman.

Karawang, 030114

Advertisements

23 thoughts on “RIP Philip Seymour Hoffman (1967 – 2014)

  1. :O *shocked*
    Jujur, saya kaget banget melihat berita ini. Dia brilian banget walau perannya kebanyakan sebagai antagonis. Karakter yang dia mainkan menjadi sangat kuat dan menjadi seimbang dengan pemeran utama. Saya suka sekali kalau dia tersenyum sinis. Tersenyum, tapi pandangannya kejam dan mematikan, terkesan sedikit lunatic. Sayang sekali, aktor brilian seperti dia meninggal dengan cara seperti itu. 😦

    • setujuh!
      aktor besar yang mati konyol.
      Sering jadi antagonis yang cerdas, di MI3 senyumnya licik dan membuat pusing Tom Cruise, contohnya.
      Paling suka ya pas meranin penulis Capote, sungguh berkarakter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s