Sir Alex Ferguson: Autobiografi Saya

Berawal dari ketaksengajaan, teman kantor ada yang baca buku ini. Saya langsung berminat pinjam, seorang fan MU pastinya menikmati setiap kata yang tertera. Saya sih sekedar menambah referensi. Ternyata bagus euy. Tak perlu menjadi Manchunian untuk membacanya.

Ada 25 bab yang dipaparkan secara gamblang mengenai karir panjang Sir Alex Ferguson (SAF) di MU. 90% buku mengulas peristiwa pasca treble ’99, jadi saya paham. Saya mulai suka Lazio tahun 1998, kisah yang dituturkan enak diikuti. Paling saya kurang paham saat SAF bercerita masa-masa sebelum di MU dan Eric Cantona di masa jayanya. Setelah dibuka dengan Pengantar dan ucapan terima kasih, kita disuguhi cerita panjang sang legenda. Saya nukil beberapa kutipan yang menggelitik tiap babnya.

1. Refleksi

“Musim lalu, ketika kami kehilangan gelar juara di pertandingan terakhir, saya tak mampu lagi menerima kejadian seperti itu. Saya berharap kami bisa menjadi juara Premiere League pada musim ini dan sampai final Liga Champions atau piala FA. Itu baru akhir yang hebat.” – Saat ditanya alasan pensiun oleh Cathy, istrinya.

2. Akar Glasgow

“Pertama, mengacungkan dua jari di belakang manajer menunjukkan bahwa kamu adalah pemain yang tidak berpengalaman atau belum dewasa. Saya akan mencari kapten yang lebih dewasa. Kelakuanmu itu sepeti anak-anak sekolah. Kamu harus pergi.” – Saat marah atas kelakukan kapten Aberdeen.

3. Batal Pensiun

“Saya akan beritahu kamu dua hal. Satu, kamu tidak bisa menolaknya. Dua, kamu meninggalkan klub yang sangat bagus. Boleh jadi kamu tidak akan bertahan lebih dari setahun di Real Madrid. Sementara, kamu bisa bertahan di Manchester United seumur hidup.” – Saat menasehati Carlos

4. Awal Yang Baru

“Untuk apa baca koran kalau kita baru saja mendapatkan hasil pertandingan yang buruk? Saya tidak pernah.” – Nasehat Matt Busby yang dikutip SAF

5. Beckham

“Duduk! Kamu sudah mengecewakan tim. Silakan bikin alasan semaumu.” – Saat David Beckham ngambek tak mau bicara pasca insiden sapatu melayang.

“Jadi ini yang bikin ribut? Kepala botak yang tidak boleh dilihat orang?” – Saat marah dengan David karena sepanjang hari memakai kupluk dan akan dibuka saat hari pertandingan.

6. Rio

“Kami minta satu juta ditambah David Beckham.” – Kometar Martin Edwards kepada SAF saat dia mau membeli Rio. Secara halus dia menolak menjualnya.

7. Masa Sulit

“Wasit tidak menguasai lapangan dan menjauhi zona konflik dengan cukup cepat. Di salah satu pertandingan awal, Peter mencoba menangkap bola umpan silang kearah tiang jauh tetapi meleset. Lee Chapman menceploskannya ke dalam gawang. Jadi dia sempat berbuat kesalahan selagi menyesuaikan diri dengan gaya Inggris.” – Komentar SAF kepada Van Der Sar  usai dipermalukan Wimbledon

8. Ronaldo

“Wow saya melihat pemain bagus. Saya pikir dia bermain di sayap, tetapi ternyata dia dimainkan sebagai penyerang di tim muda. Saya tentu tidak akan menunggu lama lagi. Umurnya baru 17 dan pasti akan ada yang mau coba adu untung merekrutnya.” – Kometar Carlos atas penemuan Ronaldo kepada SAF

9. Keane

“Sementara dia terus mengembangkan karir kepelatihannya, dapat dilihat bahwa dia perlu mengeluarkan uang untuk mencapai satu prestasi. Dia selalu mencoba membeli pemain. Saya merasa Roy todak memiliki kesabaran yang cukup untuk membangun tim.” – Mengenai Roy Keane yang mulai jadi pelatih

10. Minat Di Luar

“Pensiun itu hanya untuk orang muda. Karena orang muda punya hal-hal yang perlu dilakukan. Ketika seseorang berumur 70 tahun dan menganggur, kondisi tubuhnya akan cepat merosot. Ketika memasuki masa pensiun, kita harus punya kegiatan pengganti. Langsung, sehari sesudah pensiun, bukan sesudah libur tiga hari,” – Saat ditanya wartawan tentang pensiun.

11. Van Nistelrooy

“Ruud ingin pergi.” – Saat Ruud tidak dimainkan di final piala FA dan pertengkarannya dengan tim dengan menyebut Ronaldo dan Rooney terlalu muda untuk bersaing dalam kompetisi ketat.

12. Mourinho – Sang Pesaing “Istimewa”

“Akulah sang istimewa (the Special one), Mourinho pernah berkata. Wah sombong sekali anak ini.” – Saat pertama kali mengetahui pesaing baru musim 2004.

13. Bersaing Dengan Wenger

“Dia kan baru datang dari Jepang, tahu apa dia?” – Saat Wenger mengeluh tentang keluhan Sir Alex masalah padatnya jadwal EPL

14. Class Of ‘92

“Semua baik-baik saja Alex?” kata Bryan Robson. “Apa kamu satu sekolah dengan saya?” saya jawab. “Tidak”, katanya. “Kalau begitu jangan panggil saya Alex!”

15. Liverpool – Tradisi Besar

“Steven Gerrard baru muncul sebagai kekuatan muda di tengah lapangan waktu itu, dan mereka dapat memanfaatkan keahlian mencetak gol sensasional Michael Owen dan Robbie Fowler.” – Saat awal kemunculan Stevie.

16. Dunia Penuh Bakat

“Mau kita apakan Cleverley tahun depan? Dia bikin banyak gol di Watford. Begini saya mau coba manikin dia untuk cari tahu apa dia bisa bikin gol buat saya seperti di Watford.” – Saat mengomentari Tom Cleverley yang dipinjamkan ke Watford

17. Satu Malam Di Moskwa

“Pada saat kemenangan kami, tak ada sampanye di stadion Luzhniki. Karena itu, kami meminta staf kami untuk pergi ke bar membeli semacam minuman bersoda. Entah apa minumannya.” – Setelah penalti yang dramatis di Rusia.

18. Psikologi

“Saya lihat Anda di tv dan Anda serius sekali, tetapi di sini Anda tertawa-tawa dan menikmatinya.” – Saat bertemu warga di jalan dan berkomentar perubahan sifat SAF

19. Barcelona (2009-11) – Kecil Itu Indah

“Seharusnya kami tidak kalah dalam pertandingan di Roma itu. Ada cara mengalahkan Barcelona, sebagaimana kami buktikan sendiri setahun sebelumnya. Ada cara menghentikan mereka, termasuk Messi. Yang kami lakukan 12 bulan sebelumnya di kandang Barcelona adalah menempatkan Tevez sendirian di depan dan Ronaldo sebagai gelandang serang. Supaya mendapatkan dua daerah serang. Kemampuan penetrasi Ronaldo dan Tevez membantu kami menguasai bola.” – Analisa kekalahan di final UCL 2009

20. Media

“Judul lain: ‘Kata Ferguson, Jose Mourinho akan kembali ke Chelsea’. Pertanyaan yang diajukan adalah, ‘Siapa yang akan menjadi penantang utama Anda tahun depan?’ Jawaban saya, Chelsea akan jadi penantang utama saya musim depan, dan jika isu di koran menyatakan Mourinho akan kembali itu benar. Mereka lebih kuat. Judul beritanya: ‘Kata Ferguson, Mourinho akan kembali ke Chelsea.’” – Keluhannya terhadap media yang sering mempelintir kata-kata.

21. Gelar ke-19 United

“Pada 1986, ketika saya datang pertama kali, perbandingan rekor gelar juara Liga antara Liverpool dan United adalah 16-7. Saya mau jatuhkan mereka dari puncak!” – Sesumbarnya saat pertama kali menangani MU.

22. Man City – Juara

“Ini hari terburuk dalam hidupku. Aku tidak kuat lagi.” – Minggu sore 13 Mei 2012 setelah kalah dalam persaingan juara secara dramatis dengan Man City. 50 detik juara.

23. Keluarga

“Kamu tidur saja.” Begitu biasanya saya katakan kepada Cathy istriku. “Tidak” balasnya, “Aku akan menunggumu pulang.” – Selama 47 tahun Cathy terus seperti itu. Bahkan saat SAF pulang jam 2-3 pagi.

24. Rooney

“Bagi saya yang penting adalah menjadi juara — sebagaimana selalu dilakukan klub di bawah Sir Alex. Karena itu saya pikir pertanyaan yang saya ajukan ada dasarnya.” – Rooney pernah complain kepada SAF tentang skuad nya yang kurang bisa bersaing dalam pemburuan gelar.

25. Musim Terakhir

“Beberapa orang, kalau liburan hanya mau pergi ke pantai, di Saltcoats dekat Glasgow. Beberapa orang bahkan tidak mau melakukan itu. Mereka sudah puas di rumah atau melihat bebek berenang di kolam taman. Sementara beberapa orang lain ingin pergi ke bulan. Ini masalah ambisi!” – Penutup biografi bagus ini.

Karawang, 220415

Advertisements

18 thoughts on “Sir Alex Ferguson: Autobiografi Saya

  1. Sempet baca-baca di Gramedia, banyak hal-hal yang belum diketahui pencinta bola pada umumnya mengenai SAF dan MU, namun sayang terganggu sama hasil terjemahannya, kayak pake Google Translate doang, hehehe ……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s