The Great Ghost Rescue

The Great Guest Rescue by Eva Ibbotson

“Setelah semua yang dikatakan dan terjadi, gigi tetaplah gigi.”

Ini bukan buku pertama Eva Ibbotson yang kubaca, tapi ini adalah buku pertamanya yang kuulas. Dulu pernah baca satu atau dua, tapi karena terjadi di era multiply segalanya hilang, di masa wordpress akhirnya berhasil kutuntaskan. Khas tentang dunia penyihir dan segala fantasi imaji yang dikelola dengan fun. Mungkin masalah yang ditawarkan agak berat, menyangkut pemerintahan Inggris yang membantu mencari suaka hantu, tapi jelas ini benar-benar sekadar hiburan remaja. Tak ada rasa takut atau khawatir tokoh-tokoh baik akan kalah, maka saat eksekusi akhir di mana, segalanya berakhir bahagia, terasa pas untuk bilang, ‘nah kan, aku bilang juga apa.’

Kisahnya tentang keluarga hantu yang terusik dan terusir dari tempat tinggal mereka yang sudah dihuni berabad-abad. Suami Kilt Melayang, istri Mabel, dan tiga anaknya yang tinggal di Kastil Craggyford suatu hari harus pergi sebab gedung akan dipugar menjadi bangunan yang lebir modern. Maka mereka bergerak berkereta di malam hari.

George Tengkorak Menjerik dan Winifred Meratap, kedua kakaknya tampak seram, klop dengan profesi gantunya. Si bungsu Humphrey lah yang jadi masalah, ia malah tampak menggemaskan saat berpapasan dengan makhluk lain. Namanya plesetan Humpgrey si Mengerikan. Misi menghantui selalu gagal, jelas ini memalukan keluarga. Ia ditempa dan diajari bagaimana menjadi hantu yang layak. Bibinya Hortensia kepala terpenggal juga ikut dalam perjalanan ini.

Mereka menemukan sebuah gedung sekolah yang cocok, tapi tak cocok sepenuhnya. Rick Henderson seorang siswa yang baik mengenainya, berkomunikasi dan akhirnya bersahabat. Rick mencoba membantu, ia lalu malah mengajak mereka bertemu perdana menteri ke London. Nah, judul buku diambil dari sini. Mereka semua berkelana ke kota untuk meminta pemerintah membangun suaka hantu. Era sekarang, banyak gedung tua digusur untuk di-modernitas, demi pembangunan. Maka harus ada tempat khusus yang dibuatkan agar hantu tidak punah.

Dalam perjalanan mereka beberapa kali bertemu hantu lain, yang akhirnya malah turut serta. Dari hanti air Walter Si Basah si hantu sungai yang numpang, Susie kelelawar vampire dan keluarga, terutama si mungil Rose yang terusik, hingga Wolfam si Layu. Perjalanan mereka yang terjal dan melelahkan akhirnya membuahkan hasil, saat akhirnya bertemu asisten perdana menteri, mereka ditertawakan, dijadikan lelucon, ‘hantu itu tidak ada’. Maka Rick meminta teman-temannya menghantui, dalam semalam tawa itu jadi getir dan muncul keputusan mendesak untuk menjadikan Insleyfarne sebagai Suaka Hantu.

Berita ini menyebar ke mana-mana bak api melahap kertas, berbondong-bondong hantu datang dan menetap. Mencipta gelombang panjang penuh berita kepahlawanan Rick. Saat akhirnya ia kembali bersekolah dan menjalani rutinitas pendidikan, muncul kabar buruk. Hantu-hantu itu dikumpulkan dalam suaka justru bukan diselamatkan, tapi malah mau dimusnahkan. Siapa dalang semuanya ini, berhasilkan Rick kembali menjadi pahlawan hantu kita?

Eva Ibbotson adalah penulis Inggris, jauh sebelum JK Rowling menulis Harry Potter. Pertama terbit bukunya Which Witch? Meraih runner-up Carnegie Medal. Tahun 2001 bukunya Penyihir Menacari Istri memenangkan Anne Spencer Lindberg Prize untuk kategori novel fantasi anak. Lahir di Wina, Austria tahun 1933. Saat berusia delapan tahun keluarganya mengungsi ke Inggris. Tahun itu Nazi menguasai Jerman, dan ayah Eva seorang Yahudi menerima pekerjaan di Edinburg University. Tahun 1960, Eva dan suaminya Alan pindah ke Newcastle, Inggris Utara. Eva dan alan dikarunia satu anak perempuan dan tiga laki-laki. Anak-anak inilah yang menunjukkan bahwa anak-anak suka membaca buku tentang hantu dan penyihir. “Karena mereka sama seperti manusia, hanya saja lebih gila dan menarik.”

Well, sejauh ini buku-buku Eva Ibbotson memuaskan. Kurasa layak dikoleksi lengkap dan dibacakan untuk anak-anak. Semoga bisa konsisten membaca dan mengulasnya hingga tuntas.

Operasi Penyelamatan Hantu | by Eva Ibbotson | diterjemahkan dari The Great Guest Rescue | Copyright 1975 | Ilustration by Kevin Hawkes | Alih bahasa Indah S. Pratidina | GM 106 02. 010 | Penerbit Gramedia Pustaka Utama | Desember 2002 | 192 hlm; ilustrasi; 20 cm | ISBN 979-22-0054-1 | Skor: 4/5

Untuk Lalage, Toby, Piers, dan Justin

Karawang, 101121 – Eagle – Hotel California

Thx to Ade Buku, Bandung

Satu komentar di “The Great Ghost Rescue

  1. Ping balik: November2021 Baca | Lazione Budy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s