Prediksi Oscars 2021: Class of Trial

Izin cuti besok sudah kukantongi. Ini akan jadi Oscar ke-12 yang kutonton secara beruntun. Live di Disney +. Seperti biasa saya akan menebak 14 kategori. Tahun ini saya berhasil melahap 22 film Oscars sebelum pengumuman. Angka yang sangat tinggi walaupun di antaranya kukebut dalam dua minggu terakhir. Ralat, angka tertinggi selama kuikuti. Amazing year

#14. Animated feature filmSoul

Alasan: Tema menarik dengan dunia antara yang megah, serta jazz di mana-mana

Tiga film yang kunikmati, Soul menjadi film pertama yang kutonton pasca pengumuman. Langsung dapat feel-nya, langsung kutebak menang. Shaun The Sheep 2 dan Onword jelas bukan, keduanya terlalu anak-anak dan biasa. Sekadar menghibur.

#13. Actor in a supporting roleDaniel Kaluuya (Judas and the Black Messiah)

Alasan: Benar-benar hidup dan menghentak pidato pasca bebas

Pasca Get Out yang hebat itu, tampak pilihan film Kaluuya makin bagus. ini bisa jadi saatnya menang, yang jelas bukan Paul Raci atau partnernya di Judas. Bisa jadi Leslie Jr yang juga luar biasa dalam malam yang aneh. Namun tetap saya pilih si keling.

#12. Actor in a leading roleChadwick Boseman (Ma Rainey’s Black Bottom)

Alasan: Penghormatan terakhir untuk sang Black Panther

Tak ada yang benar-benar menonjol di kategori ini, tak seperti tiga empat tahun terakhir yang sudah bisa dikunci. Antara Hopkins dan Boseman, saya pilih Black Panther sebab sudah tak ada lagi kesempatan, dan memang aksinya menjadi musisi jazz muda yang sombong dan pede sangat ciamik.

#11. Actress in a supporting roleGlenn Close (Hillbilly Elegy)

Alasan: Haha, nenek cerewet yang begitu sayang cucunya, ganas dan sungguh menghentak

Olivia sudah dapat Oscar dua tahun lalu, perannya jadi anak yang terpaksa mengirim ayahnya ke panti jompo bagus dengan aksen British seksi. Namun jelas, sudah kujago si nenek menang sebab ia paling melonjol baik di film ataupun di daftar. Bayangkan tiga jenis Terminator disebut dengan kocak.

#10. Actress in a leading role Carey Muligan (Promising Young Woman)

Alasan: Saya menyukai Carey sejak An Education, dan inilah saatnya setelah sedekade lebih memantau

Antara dia dan Viola Davis. Jadi vokalist blues di era suram Amerika, galak dan memukau. Sementara untuk Carey, tampak lembut dengan masa depan suram, cantik pirang menggoda. Balas dendam yang tak biasa, dan terencana dengan kurang matangnya mengejutkan.

#9. Foreign Language FilmBetter Days

Alasan: Megap-megap

Banyak yang menunjuk Another Round yang akan menang, saya kurang suka tema mabuk jadi pembenaran. Walaupun endingnya bagus, dance dan musik yang begitu hidup. Mending Quo Vadis, Aida? sih, tapi tema perang sudah sangat banyak dibuat. Better Days bisa menyingkirkan A Sun yang luar biasa itu, yang berarti istimewa.

#8. Costume Design Emma

Alasan: Anya seolah sedang fashion show

Antara Mank dan Emma, cenderung ke Emma sebab tema utama film ini adalah pamer baju dengan wajah Anya sesering mungkin closed up.

#7. Visual effects Tenet

Alasan: Membingungkan? Sajian Nolan menghebat! Di efeknya…
Cara membalik adegan mundur saja sudah jadi bukti sahih, sulit buatnya dan ledakan-ledakan. Sewa pesawat asli Cuma buat ditabrakkan! Gokil emang.

#6. Original SongSpeak Now (One Night in Miami)

Alasan: Film lima bintang yang memiliki tema kemanusiaan, satu dari empatnya musik

Bagusya sih Leslie Jr menang juga, tapi kalau ia terlepas maka lagunya juga ga masalah. Empat tema dalam empat manusia, bagus semua. Namun yang paling menonjol ya musik, ditampilkan dengan live dan menghipnotis.

#5. CinematographyMank

Alasan: Mank bagus di sisi teknis

Agak sulit di sisi ini, bagus semua tapi tak ada benar-benar menonjol, Judas ok dan suram. The Trial ok dan suram. Nomadland ok dan merenung. Hanya Mank yang ok dan melayang. Hitam putih memesona.

#4. Writing (adapted screenplay) Nomadland

Alasan: Film jemuran dengan renungan malam

Sudah kutonton semua, kategori ini sulit dan sering kali tak diberikan ke film yang benar-benar wow. Harusnya One Night tapi tidak, atau The Father tapi tidak juga rasanya. Juri sering milih yang standar, maka nomad diuntungkan.

#3. Writing (original screenplay)The Trial of the Chicago

Alasan: Sorkin pengalaman menang di sini, jangan bosan

Yang jelas bukan Minari atau Judas. The Trial tuh bagus baget, ini kategori favorit jadi wajib tebak yang benar-benar film hebat. Adegan ending pembacaan korban itu luar biasa menakjubkan.

#2. DirectingDavid Fincher (Mank)

Alasan: Sutradara hebat yang belum memenangkan piala ini, saatnya tiba
Bukan film terbaik Fincher, tapi mau kapan lagi? Mank berkelas dan memiliki jumlah tertinggi nominasi, jadi memang sudah saatnya menang.

#1. Best pictureThe Trial of the Chicago 7

Alasan: Film terbaik Oscars tahun ini

Piala tertinggi banyak yang bilang akan jadi milik Nomadland atau Mank, Mank bolehlah bagus memang proses pembuatan naskah film legendaris, tapi jangan Nomadland please… The Trial adalah film terbaik tahaun ini jadi wajar kutebak. Peluangnya tak sebesar keduanya, tapi saya benar-benar berharap Sorkin menang. Salah satu drama pengadilan terbaik yang pernah dibuat, kalau tak mau ditempatkan di puncak.

Karawang, 260421 – Joeniar Arief – Rapuh

#1. Pertama kalinya Oscar kuikuti ada di bulan April dan bulan puasa, jadi tak ada kopi dan cemilan yang menemaniku di Senin pagi cuti ini.

#2. Oscar live di Disney Plus mulai jam 7.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s