Apa yang Harus Saya Lakukan?

Apa yang Harus Saya Lakukan? by Drs. R.I. Suhartin

Anda harus bergembira dan rajin berekreasi, ingat kita diciptakan Tuhan bukan untuk bersedih. Ciptakan sesuatu yang bisa mendatangkan gembira. Pokoknya harus berperan seperti orang bahagia. peranan ini akan mengalami internalisasi dan disebut sebagai ‘role playing’.

Buku konseling remaja yang bervitamin sekali. Keren! Jadi tahu curhat dan jawaban pakar masalah-masalah pergaulan tahun 1980-an. Buku ini berisi lima permasalahan utama, yang dibagi lagi dalam tanya-jawab satu arah 47 poin, kecuali ada dua pertanyaan dari orang yang sama. Merupakan kumpulan tulisan dalam Rubrik Pendidikan di suratkabar Berita Buana. Sangat menarik, bagaimana remaja kala itu menghadapi problematika yang rasanya relatif masih sama dengan era sekarang, minus gadget dan kebebasan bersuara. Related. Permasalahan remaja, tak jauh dari cinta, keluarga, dan peningnya belajar. Cinta kala itupun sudah mengarah ke seks yang tentu saja tabu untuk dibicarakan.

Jawaban-jawaban yang diberikan sangat lugas, bagus sekali, enak dibaca. Terlihat sekali direspon dari orang bijak yang berpengalaman mendidik dan mengalami pasang surut kehidupan. Seperti opsi, yang utama membahagiakan orang tua atau pribadi? Ketidakmampuan memenuhi kemauan orang tua tidaklah menjadi soal, yang pokok adalah Anda! Susunlah rencana sesuai dengan kemampuan, dan segera menyusun siasat, cara, dan teknik penyampaiannya, yang penting bahagia sesuai kemampuan pribadi. Kebetulan topik ini beberapa hari lalu sedang dibahas di diskusi inspirasi pagi. Hanya doa dengan hati yang bersih yang dapat dikabulkan Tuhan.

Beberapa mungkin terlihat konyol pertanyaanya, seperti tanya diminta menebak watak pasangan atau dirinya? Hanya lewat tulisan terbatas selembar A4? Haha… Kepribadian adalah kebulatan dinamis seseorang, dalam arti totalitas psychophysis atau jasmani dan rohani, yang tercermin dalam cita-cita, sifat, dan perbuatan manusia. Cita-cita adalah aspirasi atau harapan yang perspektif hidupnya. Sifat adalah watak atau perangai. Sedang sikap adalah cara mengambil keputusan termasuk dalam cara mengambil isi keputusannya yang akan digunakan dalam situasi tertentu. Dan perbuatan adalah perwujudan atau realisasi dari keputusan-keputusan.
Lebih banyak kembali ke agama ketika kegamangan terjadi. Seperti yang tertulis dalam Al Quran atau Injil, bahwa kekayaan harus digunakan untuk beramal, bukan untuk memenuhi hawa nafsu. Agama memang merupakan masalah yang rumit, perkawinan dari dua orang yang berbeda agama memerlukan pribadi-pribadi yang agung. Dengan tegas Pak Suhartin menjawab, garis batas dua kepercayaan itu sangat jelas. Hidup berkeluarga sangat ruwet, hingga memerlukan ketekunan, kerja keras, dan kecakapan. Cinta yang sungguh-sungguh, cinta yang dalam sampai ke tulang sumsum.

Teori disiplin ilmu disampaikan pula. Ketika membaca buku, pikiran akan mengembara, atau istilah asingnya ‘day dreaming’. Dengan membayangkan tujuan dengan jelas, maka akan mendorong semangat untuk mencapainya. Membersihkan alam bawah sadar agar bebas dari hal-hal yang tidak diberkati Tuhan.

Beberapa pertanyaan juga rancu, semisal cinta pertama itu bagaimana? Dengan bijak dijawab, sebab cinta pertama yang dialami remaja umumnya bersifat lahiriah dan sangat dangkal. Orang Belanda bilang Eerste indruk is blijven, yang artinya kesan pertama menetap dalam ingatan. Bila waktunya tiba untuk memutuskan dan ia masih bingung maka tinggalkan, karena terbukti ia tak memiliki pendirian yang mantab. Justru sering terjadi bahwa orang yang mencintai tidak pernah menyatakan apa-apa, cinta itu baru diketahui setelah beberapa lama lewat perbuatan atau tingkah laku.

Saran-sarannya mungkin juga terlihat umum, seperti jangan menyendiri jika sedang sedih. Sebaiknya jangan suka menyendiri, sibukkan dalam kegiatan kelompok. Atau keraguan dalam memilih profesi. Pada masa kini, jabatan atau peranan itu beraneka ragam, sehingga jabatan apapun jika dikuasai dengan betul dapat ditukar dengan uang. Waktu akan mendewasakan, kerasnya hidup akan menempa.

Atau saran dalam pergaulan, awas ada batasan. Memang lebih baik ‘penakut’ dalam arti berhati-hati daripada terlalu berani lalu lengah. Ada pepatah yang berbunyi ‘banyak lalat tertangkap dengan madu, daripada dengan asam.’ Kenyataannya banyak yang terperangkap dalam nafsu justru dengan madu ‘kan.

Paling banyak sebenarnya berputar pada kesetiaan. Dan sifat itu hanya penanya seharusnya yang tahu karena setiap personel jelas beda. Setiap orang adalah kumpulan sifat-sifat dari beberapa pujaannya (idola), umumnya tidak menyerap satu pribadi utuh. Mengukur kesetiaan dibutuhkan kriteria yang tepat yang menitikberatkan pada sikap batiniah, bukan lahiriah. Rumus kesetiaan, laki-laki akan diuji oleh kekayaan atau jabatan tinggi, sebaliknya wanita akan diuji oleh kemelaratan atau kesengsaraan. Jika Anda hanya mengejar pengakuan, dia akan lari mencari perlindungan di pelukan lain.
Pada umumnya pertumbuhan jasmani wanita lebih cepat daripada pria. Dan pertumbuhan ini tidak selalu disertai dengan kematangan pikiran.

Kematangan pikiran akan tumbuh belakangan dan biasanya dipengaruhi oleh pendidikan, pergaulan, dan sebagainya. Wanita, secara naluriah akan memilih lelaki yang tahan uji, tekun, dan sabar. Ini secara tidak langsung mempertahankan keturunannya agar jangan sampai memperoleh keturunan yang pengecut, lemah, dan tidak sabar. Ciri khas wanita dalam bercinta adalah menerima.

Ranggawarsita pernah nulis, manusia yang telah dewasa dalam Kitab Suluk Wujil, disebutkan ‘Wus mangukut kukutanging jiwangga’ yang artinya dapat menguasai diri pribadi. Setiap pengalaman menjadi berharga untuk diambil hikmah. Anggaplah ini adalah ‘episode’ dalam perjalanan hidup Anda, yang perlu diatasi dengan bekal ketabahan dan kebesaran jiwa. Ada bagian yang membahas penuh, seks sebelum menikah. Di era itu sudah banyak ternyata, karena teknologi saja kita tak menemukan jejak yang melimpah seperti sekarang.

Teori komunikasi juga muncul dalam tata cara bergaul. Agar dapat bergaul, Anda harus menyesuaikan diri dengan sifat-sifat teman Anda. Berhadapan dengan teman pendiam, berusahalah bercerita. Berhadapan dengan teman yang suka bercerita, dengarkanlah. Pendengar yang baik adalah menunjukkan konsentrasi waktu mendengarkan cerita teman, kemudian diikuti anggukan atau tawa.

Dan tentu saja faktor lingkungan sangat penting. Bagaimanapun lingkungan dapat memengaruhi kehidupan seseorang. Dalam psikologi, ada hukum pendekatan, hingga menyebabkan dua insan yang berlainan jenis saling jatuh hati. Dalam pepatah Jawa, Witing tresno jalaran soko kulino, asalnya cinta karena terbiasa. Cinta lokasi sudah menjadi lumrah sejak zaman dahulu kala.
Kalimat bagus tentang takdir. Kita tak dapat memilih kelahiran. Artinya tidak dapat dilahirkan oleh orang kaya atau miskin. Namun Tuhan memberi kesempatan yang sama untuk bagi setiap manusia untuk maju. Setiap gadis memiliki kriteria yang berbeda untuk pasangannya. Cinta harus utuh dan jangan sepotong-sepotong.

Cinta sejati bukan sekadar seks belaka, tapi harus meliputi keseluruhan pribadi masing-masing, yang utama tahan uji dalam keadaan apapun, maka cinta bukan hanya seks centered, tapi harus personality centered.

Drs. R.I. Suhartin adalah pendidik yang sering memberikan ceramah Pendidikan, baik pendidikan anak-anak, remaja, ataupun masalah keluarga. Merupakan pengasuh Rubrik Pendidikan pada suratkabar Berita Buana. Lahir tahun 1932 di Yogyakarta, tahun 1953 menjadi guru SGB di Cirebon, tahun 1957 lulus ujian ekstranei BI Jurusan Ilmu Pendidikan. Tahun 1964 lulus Fakultas Pedagogik, UGM. Tahun 1959-1963, selain menjadi guru SGA Negeri, beliau juga dosen BI dan IKIP di Madiun. Tahun 1964 masuk TNI-AU dan ditempatkan di Komando Pendidikan. Jawaban ini selalu mengerucut pada kesimpulan: ‘Itu semua hanya saran saja, keputusan terakhir ada di tangan Anda.’

Ini baru benar, buku kecil ide besar. Sederhana itu lebih nyaman. Buku ini kutuntaskan baca hari Minggu siang (04/10/20), membaca Sembilan buku bersamaan, saling-silang yang menyenangkan. Filsafat, fiksi, non fiksi, saham, novel klasik, iklan, sinema, dan tentu saja konseling. Benar-benar asyik menikmati hari dalam tumpukan kertas di hari libur. Hakikat libur sejati. Hamlet yang serba peragu sehingga menimbulkan bermacam tragedi.

Dugaan sebenarnya bersumber dari rasa rendah diri. Menggangap sepi semua sikap sombong teman-teman.

Catatan ini saya tutup dengan kutipan syair Gibran yang keren sangat.

Anak-anakmu bukan anak-anakmu / Mereka adalah putra dan putri dari rindunya Sang Hidup / Mereka datang melaluimu, tetapi bukan darimu / Dan walaupun mereka bersamamu, tetapi mereka bukan milikmu / Kamu boleh memberikan cintamu tetapi bukan pikiranmu / Karena mereka memiliki pikirannya sendiri / Kamu boleh mencoba seperti mereka, tetapi janganlah membuat mereka seperti kamu / Karena kehidupan tidak berjalan mundur, juga tidak tinggal bersama kemarin.

Apa yang Harus Saya Lakukan? – Tanya Jawab Mengatasi Kesulitan-Kesulitan Remaja | by Drs. R.I. Suhartin | Penerbit BPK Gunung Mulia | Cetakan pertama, 1983 | Foto sampul Dharma Prasatya | Design sampul F.B. Indradi | Skor: 4/5

Karawang, 061020 – Train – Brick by Brick

Thx to Anita Damayanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s