52 Buku Baru Agustus 2020

Komitmen adalah musuh dari penolakan, karena komitmen adalah janji serius untuk terus maju, untuk bangkit, sudah berapa kali pun Anda dipukul roboh.”David McNally

Ga nyangka saya beli buku sebulan tembus 50 lebih, ini adalah pembelian buku terbanyak dalam periode 31 hari kalender berjalan. Semua dari teman facebook, awalnya selalu ada satu buku incaran, lalu muncullah buntutnya panjang. Sudah saya kurangi uninstall instagram yang lebih menggoda, nyatanya malah kebablasan. Ada lima toko buku daring yang ku hubungi, semakin ke sini semakin melimpah, penjual bukunya juga makin bervariasi, ada dua toko terjadi transaksi perdana, semua dari Bandung. Lihat, betapa dunia benar-benar diluar batas.

@Anita Damayanti, Jakarta
Beli kedua di tempat Anita, bulan lalu Sembilan buku selesai baca ulas. Kali ini lebih selow.

#1. Rahasia SelmaLinda Christanty
Buku yang memenangkan Kusala Sastra Khatulistiwa 2010 kategori prosa. Pemicu utama, buku pertama yang kulahap.

#2. The MummyAnne Rice
Penulis favorit Sherina Munaf, jadi buku keduanya yang akan kubaca setelah The Young Messiah yang relijius.

#3. Metode Riset SDMHM. Sonny Sumarsono
Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan, buku penunjang kerja. Sayapku memang sudah melebar dalam bacaan, sekarang non-fiksi melimpah dalam antrian.

#4. Apa yang Harus Saya Lakukan?Dr. R.I. Suhartin
Buku tipis tentang konsultasi remaja yang dijawab oleh pakar psikologi. Semuanya adalah tanya jawab dari majalah, terbitan jadul. Kunikmati sekilas, tapi masih dapat separuh awal. Lumayan bagus, mengetahui masalah remaja di era 1980an.

#5. In Her ShoesJennifer Weiner
Filmnya dulu lumayan lucu, dibintangi Cameron Diaz. Bukunya? Mari kita lihat.

#6. 13 Reasons WhyJay Asher
Mini seri kabarnya bagus, kovernya juga terlihat keren dengan kaset pita yang terasa klasik.

#7. Pengakuan Orang IklanDavid Ogilvy
Icip bab pertama, keren. Ini efek panjang cerita iklan dari buku Segala-galanya Ambyar (by Mark Manson) yang bertutur tentang dunia iklan tahun 1930an, bahwa keponakan Freud ‘menjajah’ Amerika dengan iklan menawan. Apakah detailnya akan seru?

@Lifian, Tangerang

#8. The 21 Irrefutable Laws of LeadershipJohn C. Maxwell
Terasa aneh, pemicu utama beli buku utama adalah buku self-improvement. Buku pertama Maxwell yang kunikmati sebelumnya adalah penyebab utama, puas maka buku lainnya pasti masuk target baca. Buku ini disebut berulang kali, makanya langsung kumasukkan keranjang.

#9. The 17 Indisputable Laws of TeamworkJohn C. Maxwell
Ternyata bukunya tebal, ini juga otomatis masuk.

#10. The Joy Luck ClubAmy Tan
Review buku dan adaptasi filmnya bagus, see?

#11. The Rainmaker’s DaughterRichard Oh
Buku pertama Richard Oh yang kumiliki, sayangnya English. Huhuhu

#12. 1001 Cara Menghargai KaryawanBob Nelson
Penunjang kerja, respect yourself, respect other.

#13. Guide to InvestingRobert T. Kiyosaki
Legenda Rich’s Dad Poor’s Dad. Masuk antrian.

#14. StifinFarid Poniman
Tahun ini Hermione saya test Stifin, secara teori sudah dijelaskan sama Mbak-nya yang tes hasil sidik jarinya, ini mau kubaca selengkapnya.

#15. LarungAyu Utami
Saman adalah salah satu buku lokal terbaik, ini lanjutannya. Penasaran kelanjutan itu sudah di tangan.

#16. Diskursus dan MetodeRene Descartes
Aku berpikir maka aku ada.” Wuihh… ada terjemahannya ternyata. Asyik.

#17. Majalah Winnie the Pooh
Buat Hermione yang suka dunia imaji Hutan Seratus Ekar. Mari membal-membal!

#18. Kasus Tertukarnya WajahErle Stanley Gardner

#19. Kasus Gadis KembarErle Stanley Gardner

#20. Kasus Mata PalsuErle Stanley Gardner

#21. Kasus Kuda Penari KipasErle Stanley Gardner

Empat buku Erle Stanley Gardner ini hanya melengkapi beban empat kilo, pengalaman pertama dulu lumayan bagus, maka empat lainnya menanti baca.

@Raden Bani Badam, Bekasi

#22. Rich Dad, Poor DadRobert T. Kiyosaki

#23. Rich Dad, Poor Dad for TeenRobert T. Kiyosaki
Sejatinya ini adalah buku yang dipesan teman kerja, waktu itu ia cerita ingin punya buku ini. Jadi buku inilah pemicu utama, sayangnya setelah kuklik ‘mau’ di komentar besoknya ia bilang, ada revisinya, jadi ia cancel. Huhuhu… yo wes, terpaksa kunikmati. Ga papa, memang sedang belajar investasi.

#24. Smart Traders not GamblersEllen May
Di rak ada tuh buku Ellen May, pinjaman teman kerja belum selesai baca. Buku beliau ada seabreg di toko buku, dan mahal-mahal. Yo wes, belajar trader aja sekalian.

#25. The Devil’s TeardropJeffrey Deaver
Ini hanya melengkapi sahaja, kebetulan sepuluh tahun lalu buku pertama Jeffrey Deaver yang kubaca luar biasa bagus. Butuh sedekade untuk menikmati kembali karya penulis Amerika genre thriller ini.

#26. The Runaway JuryJohn Grisham
#27. The ClientJohn Grisham
Siapa yang meragukan Grisham? Novelis hebat yang selalu positif ulasannya. Numpuk lagi.

@Dede Hidayat, Bandung

#28. The Year of Living DangerousChristopher Koch
Pemicu utama beli di sini adalah novel yang sudah diadaptasi Hollywood yang mengguncang tanah air, dilarang beredar di era Orba. Jadi mari kita buktikan sekontraversial apa kisahnya.

#29. Sikap 101John Maxwell
Tipis, murah, dan nama besar Maxwell.

#30. Membina Bahasa Indonesia Baku (seri 1)Dr. JS. Badudu
Legenda besar bahasa Indonesia kita, namanya, bersama H.B. Yassin sering muncul di buku pelajaran Bahasa era Orba. Kubaca kilat, dan ternyata bagus banget. Ada tiga seri ternyata, mau dong seri berikutnya.

#31. Rumah BonekaH. Ibsen
Terbitan Yayasan Obor Indonesia (YOI) tahun 1990an selalu menjanjikan, ada pengalaman menarik mengikuti sastra yang anti-mainstream.

#32. Penyuluhan (Konseling)E.A Munro, dkk
Buku penunjang kerja berikutnya, konseling memang jadi bagian kerjaan. Teorinya akan segera kuketahui.

#33. Born to WinPromod Batra, MBA
Buku tambahan saja. Perjudian, siapa tahu bagus.

#34. Ya atau TidakSpencer Johnson, MD
Buku self-improvement lagi.

#35. Manajemen PersonaliaDrs. Ec. Alex S. Nitiseminto
Buku penunjang kerja, bagian HRGA memang menarik ditelusuri.

#36. Little IndiscretionsCarmen Posadas
Akan jadi pengalaman pertama menikmati Penulis Spanyol kelahiran Uruguay, review Goodreads sih keren. Detektif?

@Lumbung Buku, Bandung

#37. Oh Film… Misbach Yusa Biran
Pemicu utamanya adalah buku rekomendasi Sinna Sherina Munaf. Dia pernah post di sosmed, yang menjadikannya target bacaku. Akhirnya kesampaian juga memiliki. Trial kemarin jelang tidur kubacakan ke Hermione satu bab.

#38. MiddlesexJeffrey Eugenides
Sudah pengen lama juga ini buku, reviewnya bagus dan memenangkan penghargaan. Ga kusangka bukunya tebal banget.

#39. Malam yang KeramatTahar ben Jelloun
Pengalaman pertama Tahar ben Jelloun mengesankan sekali tentang Arab Spring. Kali ini dari YOI lagi, jaminan mutu pastinya.

#40. Selamat Datang di Pengadilan Daniel Mahendra
Kumpulan cerpen yang menjanjikan. Yo jelas, dibeli pasti menjanjikan. Tinggal diikuti sahaja, terbukti enggaknya.

#41. AyubCharles Swindon
Ini mengejutkan juga, tebal. Hermione bilang, ini buku nabi Ayub, Yah? Saya bilang ya. Dibaca ya! Walaupun kita tahu ini Nabi Ayub dari sudut pandang Krtistiani. Semoga bagus.

#42. Bagaimana Mencari KawanDale Carnegie
Akan jadi buku pertama Dale Carnegie yang kubaca. Legend juga ini Penulis motivasi. Ini edisi yang umum warna hijau, edisi cult gagal dapat.

#43. Kiat Bermain SahamSurono Subekti
Saham di awal millennium, akan kunikmati bagaimana era itu bergerak. Pastinya sangat berbeda dengan saham era sekarang yang serba digital.

#44. Intisari Sastra IndonesiaDr. Abdullah Ambary
Sastra dasar untuk SMTP, tetap cocok kok untuk umum.

#45. Primary ColorsAnonim
Seperti nama penulisnya, ini juga perjudian.

#46. Massa AksiTan Malaka
Bakal jadi buku pertama yang kubaca dari Bapak Republik?

#47. Psikologi Komunikasi Drs. Jalaluddin Rakhmat, M. Sc.
Inceran lama, akhirnya punya edisi Revisi.

#48. Burung Kalibri MerahKurnia Effendi
Setelah kutelusur ingatan, saya belum pernah baca buku beliau. Wow…

#49. Only LoveErich Segal
Sudah baca, tapi memang buku bagus banget. Erich Segal menjadi penulis favorit terbaru yang layak koleksi.

#50. Oliver’s StoryErich Segal
#51. The Last GodfatherSimon Criti
#52. Manifestasi Kekuatan KetigaMoh Jumhur Hidayat
Ketiga buku akhir adalah bonus, jadi mari nikmati.

Agustus paling gila, biasanya ulang tahun beli buku sesuai angka usia baru. Tahun ini anomali, terlalu banyak godaan dan over-budget. Yowes, nikmati sahaja. Happy Birthday to Me.

Karawang, 04920 – Roxette – Milk and Toast and Honey

13 komentar di “52 Buku Baru Agustus 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s