#Juli2020 Baca

“Saat kau melakukan pembunuhan, kau melakukan dua puluh lima kesalahan. Bila bisa memikirkan lima belas di antaranya, kau jenius.” – kata-kata film lama

Bulan Juli 2020, bulan santai yang kebablasan. Gara-gara mematok target Sembilan buku dari Anita Damayanti, malah menjadi boomerang keranjingan baca terus, lupa waktu dan ruang. Dapat 12,5 buku. Lumayan seru melewatkan waktu baca dalam semangat kesendirian. Selamat datang bulang Kusala Sastra Khatulistiwa 2020. Mari kita tunggu siapa sahaja kandidat terbaik Sastra lokal.

#1. The PartnerJohn Grisham

Ini kisah tentang pengacara Amerika yang memalsukan kematian, menyaksikan pemakamannya pada 11 Februari 1992, mencuri 90 juta dollar dari biro hukumnya, dan tertangkap empat tahun kemudian ketika menyepi hidup di Brasil. Uang tersebut sudah dalam perjalanan, sudah disetujui, dokumen-dokumen sudah ditandatangani, perintah-perintah sudah dimasukkan; mereka bisa melihatnya, mencium baunya, nyaris menyentuhnya ketika Patrick Lanigan yang mati menyerobot uang tersebut pada detik terakhir yang memungkinkan. Uangnya bergerak cepat dan sungguh merumitkan diri. “Tak ada masalah. Ini bukan pertama kalinya ia menggugat tergugat yang salah. Ini strategi. Sedikit simpati tidak akan merugikan.”

#2. Menggapai Hati yang RinduViolet Winspear

Beth Anderson, art director dari perusahaan iklan yang paling besar di Washington. Ia adalah pasien Dokter Doc, karena stress. Doc menganjurkan agar ia pergi berlibur di suatu tempat yang asing dan tenang. Ide diperkenalkan pada Reid McShane, seorang arsitek gila kerja muncul. Maka di pesta malam yang sederhana, mereka dipertemukan. Tawaran kerja bertugas menjaga anak laki-laki berusia lima tahun, bernama Josh McShane selama Reid bekerja spontan diterima. Ajakan itu dilakukan dengan dorongan seketika, tapi percayalah ada peran Doc di sana yang jadi comblang. “Bukankah Anda sendiri cukup risau oleh persoalan yang sedang Anda hadapi?”

#3. Cinta Rahasia Anne Mather

Darrel Anderson yang galau. Seorang perawat rumah sakit, teman sekamarnya Susan menikah. Pesta pernikahan itu berlangsung meriah dan penuh ucapan selamat. Darrel yang sudah mengenal keluarga Lawford turut gembira sahabat baiknya telah menemukan jodoh. Karena kedekatan mereka, Darrel juga mengenal semua anggota keluarga Lawford terutama Nyonya Lawford, bahkan menjadi teman curhat seolah ibu kandung. Si sulung yang secara materi sukses, mencuri hatinya. Matthew Lawford, sudah menikah. Nah, kalau kisah ini dibawa di era sosmed, bisa jadi Darrel dihujat serentak sebagai seorang pelakor – perebut laki orang. Namun berhubung ia sebagai sudut pandang sekaligus protagonist, julukan kejam itu sirna dengan sendirinya. “Kalau begitu ceraikan Celine.” / “Kau sudah tahu bahwa aku tak dapat melakukan itu. Jangan meminta ku melakukannya.”

#4. Ricuhnya Hidup Bersama AdamAnne Mather

Maria yang beranjak dewasa, menuntut kebebasan, ingin merantau jauh dari ayahnya Patrick Sheridan yang kolot, untungnya ibu tirinya Giraldine Massey, ibu Adam mendukung rencana itu. Orangnya memang sangat praktis pada umumnya, lebih mementingkan kegunaan ketimbang segi keindahan. Betapa picik kehidupan, orang-orang cuma tahu nikah, punya anak dan membesarkannya. Lain tidak. Ayahnya menjodohkan sama anak tetangga yang punya banyak lahan, sehingga dari pernikahan akan menyatukan kedua juragan pertanian ini. Maria memilih kabur, maka Adam, abang tirinya di London diminta menampung. Kau yang mula-mulanya bosan terkukung oleh empat tembok sempit. London ini, tidak cuma terdiri dari hal yang indah, megah, dan mulia. “Kecuali itu, aku tidak punya pakaian untuknya.” Beberapa terjemahan terbaca eksotis, karena baku jadul, atau culture di tanah air saat itu. “Masya Allah, Maria kau kira aku ini apa?”

#5. Suami-suami Hollywood 1Jackie Collins

Suami-suami di sini ada empat tokoh utama. Pertama, Jack Python yang memiliki acara talk show face to face with Python. Kehidupannya mapan bersama artis pemenang Oscar Clarissa Browning, hingga bertemu Jade Johnson. Clarissa sendiri sama rumitnya. Bercinta dengan pasangan main, adalah bagian dari pertunjukan itu sendiri. Hidup adalah resiko dan itu harus dijalani. Kedua, Mannon Cable, bintang film ternama. Ia berencana menceraikan istrinya Melani-Shania tapi malah terganjal, istrinya hamil. Mannon masih tergila-gila sama mantan istri pertamanya Whitney Valentine. Ketiga, Howard Soloman, kepala studio. Seorang play boy yang sudah menikah empat kali, tapi incaran utama Whitney, mantan istri sahabatnya tak pernah berhasil digaet. Berkepala botak, dan memakai wig untuk bergaya. Keempat Zachary K. Klinger, raja Hollywood, pemilik Orpheus Studio bosnya Howard. Kaya raya, hampir semua keinginannya terkabul, tapi tidak untuk sang bintang opera sabun Silver Anderson, yang justru terjebak nafsu sama begundal muda, Wes Money. “Aku belum terlalu tua untuk mengingat masa itu…”

#6. The 21 Qualities of a Leader John C. Maxwell

Sesuai judulnya, ada 21 kualitas pemimpin yang harus dimiliki: (1) Karakter: jadilah bagian dari batu karang. (2) Karisma: Kesan pertamalah yang terpenting. (3) Komitmen: Inilah yang membedakan pelaku dan pemimpi. (4) Komunikasi: Tanpanya Adan akan menempuh perjalanan sendiri. (5) Kompetensi: Jika anda membangunnya, mereka akan datang. (6) Keberanian: Satu orang dengan keberanian dama dengan mayoritas. (7) Pengertian: Tuntaskanlah misteri-misteri yang belum terselesaikan. (8) Fokus: Semakin tajam fokus Anda, Anda semakin tajam. (9) Kemurahan hati: Lilin Anda takkan rugi jika menerangi orang lain. (10) Inisiatif: Tanpanya, Anda takkan ke mana-mana. (11) Mendengarkan: Untuk menyelami hati mereka, bukalah telinga Anda. (12) Semangat yang tinggi: Cintailah hidup ini. (13) Sikap Positif: Jika Anda percaya bis,a Anda pasti bisa. (14) Pemecahan masalah: Janganlah biarkan berbagai persoalan Anda menjadi masalah. (15) Hubungan: Jika Anda akur, merekapun akur. (16) Tanggung Jawab: Jika Anda tidak mau membawa bolanya, Anda tidak dapat memimpin timnya. (17) Kemapanan: Kompetensi takkan pernah dapat mengkompensasikan ketidakmapanan. (18) Disiplin diri: Orang pertama yang Anda pimpin adalah diri Anda sendiri. (19) Kepelayanan: Agar maju, dahulukanlah orang lain. (20) Sikap mau diajar: Untuk terus memimpin, teruslah belajar. Dan terakhir (21). Visi: Anda dapat meraih hanya yang dapat Anda lihat. “Makna hidup bukanlah meraih kemakmuran, seperti yang kita pikirkan, melainkan mengembangkan jiwa.”

#7. Perempuan itu Bersama Anick Titie Said

Ana Maria dengan nama beken Anick, nama Anick lebih prestise daripada nama-nama komersial artis. Begitu pula nama-nama gadis penjual seks lainnya bernama gaul: Deasy, Devy, Debra, Betty, Ratih, Leoni, Sylvia… Jangan heran, KTP dobel satu tripel sudah biasa untuk para perempuan yang gelimang dosa ini. Ia adalah seorang istri dan ibu dua orang anak yang teraniaya. Orangtua penganut Katolik yang saleh, tetapi kenyataannya ia ‘abangan’ dan agama hanya tercantum dalam KTP. Kedua anak yang ikut di Kartasura-Solo: Dinda dan Dandi. “Aku bukan Ana, Ana sudah mati. Aku bukan Anick, ia telah mampus. Kotor, minggat, memalukan… jangan panggil aku Ana, jangan panggil aku Anick, panggil aku Amina…”

#8. The Da Peci Code – Ben Sohib

Rosid yang di persimpang jalan. Jiwa idealisnya membuncah kala lulus sekolah ingin melanjutkan kuliah di seni, cita-cita seniman. “… jangan mandi aje sebulan, elu udeh jadi seniman.” Ortang tuanya Pak Mansur dan Bu Muzna menolak, terutama abahnya, Rosid diharap menjadi teladan di bidang agama. Rosid berkenalan dengan cewek mantab di kampus kala pendaftaran. Delia beragama Kristen, dengan salib menggelayut di leher. Mereka pasangan kasih yang open-minded, terbuka akan segala kepercayaan dan memandang dunia ga sekolot itu guna menjalin pernikahan. Jadi setting-nya dua tahun setelah mereka pacaran. “Aku meyakini bahwa setiap agama itu baik, karena setiap agama itu pada dasarnya menyuruh orang berbuat baik, tidak mencuri, menolong yang lemah, dan lain sebagainya.”

#9. Dosa TurunanAbdullah Harahap

Abidin, seorang wartawan kere yang menikahi juragan butik yang jelita nan kaya raya. Abidin jelas seperti menerima durian jatuh, seorang jelata yang klontang-klantung di meja redaksi Koran lokal, tak dinyana menjadi pilihan Miranda yang terkenal itu, untuk menjadi suaminya. Karena gaji yang diterimanya sebagai wartawan hampir tak mencukupi untuk belanja rumah tangga. Awal perkenalan juga lucu, Bidin paling males nulis fashion, dipaksa meliput peragaan busana, dan Mira menjadi perancangnya. Pacaran kilat, ke pelaminan. Itulah mulanya. Rasa kasihan kemudian jadi sayang. Ia Miranda, seorang pemilik butik terkemuka, yang telah menolak pernyataan cinta banyak lelaki, dan berusaha menjaga kesetiaannya sebagai seorang istri. “… Kalau kau sedang di hutan, jangan menyebut harimau, karena harimau itu bisa datang. Kalau sedang marah-marah, jangan menyebut setan karena setan itu pun akan datang, dan sekarang telah tengah malam.”

#10. Suami-suami Hollywood 2Jackie Collins

Lanjutan kisah para bintang di Hollywood. Kali ini bukan hanya Silver Anderson yang jadi pusat cerita, tapi lebih melebar. Dan kejutan itu adalah kisah balik kisah (yang dicetak miring) bagaimana meniti kehidupan dan karier, dengan akhir bab membakar, menyalakan korek api bergitu mudah, ternyata adalah artis itu. Juga keputusan Silver yang menolak bos pemilik studio, demi menikah dan setia kepada Wes Money, kere yang jago ngeles. Jelas buku dua ini banyak peningkatan. “Saya hanya menuruti kata dokter bila saya suka. Saya membayarnya Cuma buat ngomong, sedangkan keputusan ada di tangan saya. Dan sistem seperti ini berlaku di semua bidang usaha saya.”

#11. The Storied Life of A.J. FikryGabrielle Zevin

A.J. Fikry yang freak. Penjual buku di toko buku terpencil di pulau Alice. Sinis, dan memandang hidup dengan banyak pesimistis. Seorang bayi ditinggalkan di tokonya ketika ia berolahraga, cinta bersemi kepada agen penerbit yang cantik, dan usaha trauma menghapus kenangan buruk kematian istrinya. Terlalu manis, seorang kutu buku menjelma menyengkan berkat kehadiran anak haram dan jodoh yang datang terlambat. Romantis khas John Green.

#12. Perry Mason: Kasus Dendam MembaraErle Stanley Gardner

Kisah detektif dengan sudut pandang seorang pengacara. Pengalaman pertamaku menikmati cerita serial Perry Mason. Lumayan memuaskan. Pembunuhnyatak tertebak, atau memang saya tak menebak, hanya mengikuti arus. Menyenangkan sekali dikejutkan fakta-fakta. Lewat tengah malam, seorang ibu menjadi saksi pembunuhan playboy yang menggoda anak tunggalnya. Berusaha menyingkirkan semua bukti, justru ia yang menjadi tersangka. Perry Mason sedang liburan di pegunungan itu, dan menjelma pembela yang hebat.

#12 koma 5. Cinta Sepanjang AmazonMira W.

Saya hitung separuh karena ini buku bundel isi dua. Separuhnya lagi kubaca bulan ini.

Inikah cinta? Cinta yang membuat manusia jadi bodoh dan tidak dapat berpikir rasional? Sempat mengingatkan pada kisah Love Story-nya Erich Segal yang luar biasa itu. Plotnya mirip, tapi separuh akhirnya justru nanjak ke puncak dan ending paragraph di rumah sakit itu adalah cetakan sendu tak terperi, #perfect. Cinta Sepanjang Amazon mengalami kebingungan sendiri, saking pengen banyaknya tema yang mau disampaikan, tak heran Cinta itu disapu ombak sungai. Duh sedihnya… “Karena dia memang goblok! Yang bikin dia bernapas cuma duit bapaknya! Kepalanya kosong! Kuliah saja nggak serius! Tahu di mana dia sekarang?”

Karawang, 040820 – Bill Withers – My Imagination

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s