35 Tahun: Happy Birthday – 35 Buku Baru

35 Tahun: Happy Birthday – 35 Buku Baru

Awalnya ga sengaja membeli 35 buku untuk ulang tahun 35, hanya pengen liburan mudik Idul Adha jalan-jalan ke toko-toko buku kenalan dari Yogya, Solo, Sukoharjo sampai Klaten. Ndilalah, total buku yang kubeli 25, ditambah beli daring empat, hadiah buku satu, dan beberapa beli di toko konvensional jadilah kita pas-kan ke angka ulang tahun. Sesuatu yang menyenangkan mengkado-diri-sendiri dengan minat dan ada budget dan keseruan yang pas. Asyik-kan.

Tiga Buku Dari Lapak Buku Taman Pintar – Yogyakarta

Kamis pag, 23 Agustus dari acara nganter ponakan tes AL di RS Lanud Yogyakarta, sedari pagi menunggu dia tes kesehatan saya ngadem di masjid baca buku Timeline-nya Michael Crichton. Setelah Duhur, sempat mau mampir ke toko buku Paperbook Plane di dekat Kebun Binatang Gembira Loka, tapi ternyata tutup. Maka rute langsung ke Taman Pintar, di sana surga buku. Berbagai buku ada. Baru, bekas, genre apapun ada, lokal, buku impor, semua ada. Tinggal menyesuaikan budget, yang pasti saya beli Ori, kalau ada baru kalau tak ada bekas juga OK. Asal Ori. Ini adalah versi lengkap Gladag Solo. Benar-benar mupeng, gemetar muter-muter cuci mata. Karena saya punya banyak agenda ke toko lain, di sini setelah pilih pilah dua jam ga terasa, saya dapat tiga buku tebal.

#1. Sejarah Tuhan (Gold Edition) – Karen Armstrong
Ini buku legendaris. Laiknya Yerusalem, kota tiga agama yang terus menghantui banyak pembaca, Sejarah Tuhan jelas wajib antisipasi. Saya sendiri menginginkannya jauh hari, dan hanya akan membeli saat diskon atau dapat harga miring mengingat saya hanya benar-benar mengejar fiksi.

#2. Biografi Margaret Thatcher – Charles Moore
Nemu karena ga sengaja. Awalnya mau ambil Inkworld-nya Funke tapi di sampingnya ada biografi ini. Thatcher adalah orang besar, pemimpin besar yang mampu mengubah Inggris Raya. Sebagai perempuan pertama yang masuk parlemen dan menduduki kursi Perdana Menteri dua periode, jelas saat tahu ada buku biografi resminya dengan harga miring tak perlu dua kali mikir buat dibawa pulang.

#3. Pangeran Pencuri – Cornelia Funke
Saya adalah pembaca Funke sejak Ink Heart. Buku-buku JK Rowling-nya Jerman ini banyak diterjemahkan setelah ada adaptasi filmnya. Pangeran Pencuri sudah tiga kali hampir kubeli, kali ini berhasil kubawa setelah harga lebih OK dan baru.

Delapan Buku Dari Taman Baca Rindang – Klaten

Sudah sering beli buku dari Ari via daring. Terpercaya karena memang sudah berteman lama di facebook. Setelah bertahun-tahun merencana untuk meet-up, akhirnya jadi juga di Kamis sore loangsung dari Yogya, mampir. Agak tergesa, sudah petang dan harus segera pulang. Ternyata Brayat itu jauh dari kota Klaten, daerah berbukit dan jalanan menghantar sepanjang kanan-kiri sawah. Mengandalkan GPS bisa sampai juga, walau sempat muter-muter. Koleksinya keren-keren, sayangnya kurang lama jadi ga sempat pilih pilah. Next time!

#4. The Virgin Suicides – Jeffrey Eugenides
Sudah lama pula saya menginginkan buku ini. Segala review positif jelas indikasi baik. Obsesi gadis-gadis keluarga Lisbon dengan kematian. Menarik, ada apa di baliknya?

#5. The Firm – John Grisham
Buku-buku Grisham menjanji kualitas. Banyak yang sudah diadaptasi, The Firlm sudah dibuat tahun 1990an dengan bintang Tom Cruise. Buku cetakan baru mahal, nah ini dapat cetakan lama yang lebih ramping. Termasuk harganya.

#6. Firelight – Sophie Jordan
Lebih ke menghadiahi diri sendiri akan fantasi, genre yang kukagumi sepuluh tahun lalu maka saat baca sekilas ulasan di blog teman-teman OK kenapa enggak? Selalu menarik saat kita membicarakan naga.

#7. Mardi Gras – Adriani Sukmoro
Gara-gara film Del Toro, The Shape of Water menang Oscar tahun ini. Sekilas saat sang tokoh utama Elisa Esposito keluar apatemen ada gedung bioskop saat menunggu bis. Saat itu sedang tayang Mardi Gras, apakah itu? mari kita bedah bersama Sukmoro…

#8. Ford County – John Grisham
Lagi-lagi Grisham. Penulis besar Amerika saat ini, kali ini bukan novel tapi kumpulan cerpen.

#9. Saving Shiloh – Phyllis Reynold Naylor
Saya sudah baca seri satu, yang diluarduga bagus banget. Buku ini trilogy dan menang Newberry Medal dan kisah nyata! Diluarduga pula, ternyata buku ini English. Duh!

#10. Memahami dan Menikmati Jazz – John F. Szwed
Sejarah jazz yang berliku. Saya beli karena terjebak bukunya Seno Gumira Adidarma, Trilogi Insiden. Sang tokoh utama menggilai jazz dan menganggap itulah musik surga. Nah, ini kesempatan menelusur lebih jauh sekalipun kita penggemar dangdut.

#11. Yang Datang Telanjang – Ajib Rosidi
Karena ulasan di blog, karena tebalnya, karena penasaran. Pemikiran Ajib sebagai intelektual generasi pasca-kemerdekaan.

Lima Buku dari Pak Guru Sukrisno
Silaturahmi yang mengejutkan. Memang baru-baru ini berteman di facebook, dan ketika dia tinggal di Solo Raya. Langsung saja saya buat janji temu pas mudik. Lebaran Fitri ga sempat karena jadwal kunjung yang padat, makanya pas Adha ini langsung kusempatkan. Seorang guru SD IT, keren. Alumni SMT 1 Solo, satu almamater. Dan ternyata juga lulusan Musashi, bagian Gear Lathe, wow. Proses produksi sebelum Hobbing, bagianku. Hanya beda angkatan. Ngerumpi ngalor ngidul, sambil pilih pilah koleksi buku. Sejatinya akan ambil biografi sang cawapres, tapi karena ternyata sudah pesan The Key akhirnya tetap lima buku.

#12. The Key – Junichiro Tanazaki
Penulis besar Jepang yang beberapa kali masuk kandidat Nobel Sastra. Sekali lagi, kisah seks dan perkawinan. Rasanya drama keluarga dari sisi ini akan selalu menarik diangkat cerita.

#13. Arabian Nights – Husain Haddawy, disunting oleh Muhsin Mahdi
Ini adalah buku pertama yang kupesan, tebal, menjanjikan kisah panjang 1001 malam. Siapa yang tak tertarik?

#14. Magdalena – Mustafa Lutfi El Manfaluthi
Lebih karena menjadi pembanding novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck-nya Hamka. Sudah sangat lama ingin membacanya, takut-takut juga untuk menikmatinya karena Tenggelamnya adalah novel favoritku. Yah, mari kita buktikan.

#15. Matinya Seorang Penulis Besar – Mario Vargas Llosa
Tulisan-tulisan non fiksi. Saya belum baca satupun buku beliau, sempat akan bawa Sang Pengoceh namun gagal. Maka nikmati dulu esai-nya.

#16. Luka dan Api Kehidupan – Salman Rushdie
Bakalan jadi karya kedua sang Penulis kontroversial Inggris setelah Midnight’s Children yang fenomenal itu.

Satu Buku Dari Toko Buku Togamas Solo

Jumat pagi sebelum mengantar ponakan Winda LI ke pesantren di Sragen kita sempatkan santai sejenak baca buku dan cuci mata di Togamas Solo. Winda saya minta pilih buku apa saja, atau ATK apa saja saya bebaskan. Hanya pensil, penggaris, buku kosong, stiker huruf sampai jangka. Ga ada buku yang ia inginkan karena katanya di pondok, dilarang bawa ‘buku sembarangan’. Wah, pondoknya ketat juga ya. Setelah baca kumpulan cerpen terbitan Basa Basi terbaru, saya bawa pulang satu saja sebagai syarat.

#17. The Spirit of Loving – Emily Hipburn Sell
Terbitan Bright Publisher yang tipis. Macamnya banyak dalam rangkaia Greatest self-improvement books series. Yang paling ramai diperbincangkan sebenarnya Copying With Depression karya J Maurus tapi pas niat bei gini malah ga ada. Setelah timang sana-sini, pilah-pilih penuh keraguan akhirnya saya menempatkan cinta yang kutenteng ke kasir. Shock juga pas kubuka, isinya hanya kumpulan kutipan kalimat orang-orang terdahulu. Bahkan, kemarin (6/9) selesai kubaca dalam dua kali kesempatan baca. Tipis, jelek, dan sangat tak menginspirasi. Kok bisa ya kumpulan kutipan dijual?

Delapan Buku Dari Susano Books Store – Solo
Toko buku di belakang UNS. Lebaran Fitri sempat mampir, tapi keburu petang dan tutup. Setelah janjian untuk datang, Sabtu sore (25/8) akhirnya kesampaian juga. Koleksinya luar biasa, bagus-bagus. tokonya di ruko pasar dan ternyata pemiliknya cewek! Katanya sih plesetan dari Susanti. Wah, kreatif juga. Setelah pilah-pilih, dan ambil apa saja yang murah dan minta rekomendasi buku. Bonus, semua buku disampul plastik gratis! Wow…

#18. Si Lugu – Voltaire
Setelah saya ingat kemabli, ternyata saya belum baca satu buku pun karya Voltaire! Wah bakal jadi yang pertama ini.

#19. Malam – Elie Wiesel
Nama Mochtar Lubis terpampang besar di sampul. Saya sendiri tak familiar dengan nama ini, sekali lagi dari Yayasan Obor.

#20. Codot Di Pohon Kebebasan – Albert Wendt
Kumpulan cerpen Samoa, kata pengantarnya Penyair besar masa kini Sapardi Djoko Damono. Saya sih, kurang bisa menikmati puisi makanya tahu ini cerpen ya angkut saja.

#21. Demi Esme Dengan Cinta dan Kesengsaraan – J.D. Salinger
Dari Penulis Catcher in the Rye yang terkenal itu. Beruntungnya saya dapat buku terjemahan ini dengan tak sengaja dan murah meriah. Dari Penerbit BukuKatta, penerbit lokal Solo.

#22. Dunia Samin – Soesilo Toer
Ini adalah pemenuhan janjiku untuk mencoba menikmati karya sang adik Pram. Semua bermula saat di tayangan TV kutonton beliau kini bekerja memulung sampah, hidup tanpa meminta adalah prinsipnya. Setelah minta rekomendasi sama Penjual, saya diarahkan untuk memulai dengan Dunia Samin. See…

#23. Cadas Tanios – Amin Maalouf
Dari pemenang Prix Goncourt 1993 dan Grand Prix des Lectures 1996, tentang keluarga Tanios di Lebanon.

#24. Matilda, Lelaki Izrail, dan Seorang Perempuan di Masjid Kami – Hairus Salim HS
Kumpulan cerpen yang terbit tahun 2012 di Yogyakarta. Ini adalah tradisiku menikmati orang-orang asing, di luar genre atau istilahnya mencoba keluar pakem, keluar jalur biasanya.

#25. Harimau! Harimau! – Mochtar Lubis
Jadi buku pertama yang selesai kubaca dari daftar ini. Sempat menimang Jalan Tak Ada Ujung, tapi kata Mbak Susanti ini jaminan mutu. Dan setelah selesai lahap, emang benar. Sungguh hebat, ada buku lokal tahun 1950an dan saya baru baca! Mungkin karena jarang dibahas di Pelajara Bahasa Indonesia saat sekolah laiknya Siti Nurbaya atau Layar Terkembang.

Satu Buku Dari Toko Buku Gunung Agung Resinda – Karawang
Saat nonton film Christopher Robin, iseng cuci mata ke toko buku Resinda setelah pisah sama semua teman kantor. Pada makan malam, tapi karena saya memang sudah berniat langsung biar bisa lama lihat bukunya.

#26. Gerpolek – Tan Malaka
Menimang harga dan kebutuhan, akhirnya bakalan jadi buku pertama Tan Malaka yang akan kunikmati. Ada empat sejatinya, tapi ini yang paling murah pas di angka 30,000 Rp. Dari dulu saya selalu penasaran buku-buku beliau setelah banyak ulasan singkat yang memujinya.

Empat Buku Dari Shira Media – Yogyakarta
Promo Merdeka yang sejatinya sudah ditutup tanggal 19 entah kenapa berlanjut sampai akhir bulan. Maka setelah sempat akan ga jadi, akhirnya tetap lanjut. Sudah kuincar sih keempatnya rekomendasi, kena diskon dan timing-nya pas.

#27. Catatan Adam dan Hawa dan Kisah-Kisah Lain – Mark Twain
Siapa yang bisa menolak Twain? Huckleberry Finn dan Tom Sawyer adalah mahakarya yang akan terus dikenang. Maka buku-buku lainnya pun tinggal tunggu waktu dilahap.

#28. Beauty & Sadness – Yasunari Kawabata
Deru Gunung benar-benar sangat memuaskan. Cerita biasa dituturkan dengan istimewa. Jadi sekali lagi, kalau puas pada sebuah buku maka karya lain dari sang Penulis jelas tinggal tunggu waktu pas untuk dikejar. “Waktu dan sungai tidak akan mengalir ke belakang.”

#29. Fathers and Sons – Ivan Turgenev
Sekali lagi dari Rusia, di mana karya-karya sastra klasik nan eksotis tumbuh dan patut dinikmati. Bakalan jadi buku pertama Turgenev yang akan kubaca.

#30. The Temple of the Golden Pavillion – Yukio Mishima
Dari Penerbit Immortal yang terjemahkan karya-karya ternama. Asing? Ya, namanya tak seakrab Kawabata, Tanazaki atau Murakami tapi jelas patut dinanti kejutannya.

Satu Buku Dari Krisan Books Rua – Sukoharjo
Dari give away di instagram, saya terpilih satu dari dua orang yang menerima buku. Toko buku online yang unik di mana buku yang dipajang juga ada kutipannya. Tagline-nya Jual-Kutip Buku. Terima kasih.

#31. Guru Generasi Milenial – Tri Winarno
Asing? Ya, tapi dunia pendidikan bagiku tak pernah asing. Selalu menyenangkan dunia ajar-mengajar. Mungkin ini adalah update generasi saat ini. Dari penerbit indi Diomedia, Sukoharjo. Bisalah dibaca sekali duduk.

Empat Buku Dari Gramedia World – Karawang
Setelah Toko Buku Kharisma di KCP tumbang, maka destinasi favoritku ya di sini. Karena dekat, karena lebih lengkap (walau pelit diskon untuk buku terbitan baru) dan nyaman full musik update serta ber-AC. Gramedia memang jaminan nyaman sih, jadi teringat tahun 2014 pas untuk beli buku saja harus ke Gramedia Bekasi. Ingat banget, waktu itu hampir-hampir nangis beli tiga buku umum. Bukan bukunya, tapi kesempatan cuci mata yang sulit sekali. Nah, terima kasih sudah hadir di Karawang, tinggal jalan kaki dari rumah lagi.

#32. Magi Perempuan dan Malam Kunang-Kunang – Guntur Alam
Sudah beberapa kali baca cerpen beliau di media masa. Tak ada salahnya menikmati kumpulannya. Kumcer dewasa.

#33. White Fang – Jack London
Dari Penulis The Call of the Wild yang terkenal itu. Kali ini sama, tentang anjing-serigala. Ketika makhluk penuh kebencian mengenal cinta.

#34. Misteri Rumah Masa Lalu – V. Lestari
Beli ini karena nama besar Penulis sih. Sudah beberapa kunikmati pas sekolah dulu di Perpus kota Solo. Maka saat ada kesempatan nostalgia, ya kuambil pulang. Apalagi judulnya pu jua nostalgia, kenangan rumah.

#35. The Fall – Guillermo Del Toro & Chuck Hogan
Seri pertama The Strain sudah kubaca, walau agak mengecewakan namun nama besar sang sutradara patut kulanjutkan. Bahkan mungkin seandainya kurang OK pun seri ketika akan tetap kubeli, karena trilogi ya harus sekalian dituntaskan. Minggu lalu mereka menyerang Manhattan. Minggu ini mereka akan menghancurkan dunia.

Karawang, 070918 – Sherina Munaf – Kisah Sang Lebah

*) sebenarnya sudah mencoba ke toko buku Pustaka 2000, tapi pada tanggal 5 September kemarin mereka sedang stock opname dan toko ga boleh melayani dulu sementara.
**) Buku Stephen King: Rose Madder sejatinya akan kumasukkan dalam rangkaian daftar (saat ini sedng kubaca) tapi karena hanya pinjam dari Taman Baca Bustaka Taman Galuh Mas maka kuabaikan.

HBD 35 Tahun LBP – Terima kasih banyak istriku tercinta Meyka yang sabar, selalu tiap bulan menyediakan budget beli buku. Demi keluarga kecil kita untuk perpustakaan mini, demi masa depan kita.

Iklan

One thought on “35 Tahun: Happy Birthday – 35 Buku Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s