Ratu Sekop #4

Ratu Sekop #4
Kumpulan cerpen yang sangat bergizi. Bagus sekali, mungkin salah satu kumpulan cerita pendek terbaik yang pernah kubaca. Padat, satir, dan sangat menggugah. Bukunya dicetak mungil tapi catchy dengan desain sampul bagus bergambar ratu sekop memainkan peran dalam kartu judi. Isi cerita diambil dari terbitan lama media cetak tahun 2000an, total 13 cerpen dengan tiga diantaranya fresh.
#1. Film Noir
Ini adalah kisah cinta yang kejam nan berkelas. Tentang sutradara kawakan yang mengkasting bintang muda pendatang baru untuk sebuah film noir yang pada akhirnya mencinta, berumah tangga. Nuansa jazz, film-film cult, dan sederet kata art dalam dunia sinema. Anggraeni Barati harusnya bersyukur karir aktingnya melambung instan berkat tangan sutradara film snob Arya Panji Diwangkara. Perkenalan di survey lokasi syuting itu menjadikan Anggi pemeran utama film Wanita Sebelum Malam dan menjadikannya terkenal. Cinta menghantar pada pernikahan, pernikahan menyeret komitmen penuh dan penghianatan menjadikannya kisah film noir bertragedi. Class!
#2. Cermin
Ini cerita tak kalah absurd. Tentang cermin anti selingkuh. Bagaimana bisa seorang dukun membuat keajaiban untuk bisa melihat pasangan dalam cermin ajaib. Mbah Citro memang sakti, sang pasien Mas Arno meminta perselingkuhannya dengan arsitek muda Windy Septiana tidak ketahuan istri. Jadilah cermin yang bisa mengeluarkan bayangan, jadi saat istri mencari tinggal panggil bayangan untuk menggantikan sosoknya lalu Arno bisa jalan dengan Windy. Begitulah, awalnya tentu sangat menggebu dan ternyata twist! Tak seperti yang disangka sang pemeran utama.
#3. Superstar
Kemana perginya para superstar setelah mati? Ke surga karena telah menghibur jutaan hati umat manusia atau ke neraka karena kerap menistakan moral? Kukuh Ranapati mendapat julukan Kurt Cobain nya Indonesia. Pria Kwitang yang punya kelas dalam mencabik gitar dan mendapat sambutan luar biasa dalam setiap konsernya. Dengan sudut pandang Mimin Mintarsih, gadis Sukabumi, si gugu pengagum berat sang superstar. Pria iseng dan gadis belia terpesona, dan taruhlah orang ketiga maka jadilah sebuah kisah penuh darah.
#4. Listrik
Kepenatan hidup berkeluarga, ah tak akan jauh-jauh dari ekonomi. Tuntutan hidup layak, mensejajarkan diri dengan kata mapan, dan sederet keluh kesah keinginan ini itu yang tak kunjung terwujud. Sebuah rice cooker dengan kabel soak mencipta sebuah strum sengat kepada sang istri, akibat dari bencana itu malah membuat Sita dapat membaca pikiran orang lain. Wow. Apa yang kita pikiran dapat dnegan mudah dibaca olehnya! Kekuatan telekinetis yang sempurna untuk memecahkan masalah keuangan mereka?
#5. Belati
Seorang pelukis frustasi Armin Kelana berencana mengakhiri hidupnya dengan sebuah masterpiece karya lukisan darah. Dengan belati dan karya terakhirnya ia akan pamit. Panutannya Penulis Jepang Yukio Mishima yang melakukan seppuku. Ketika rencana tinggal eksekusi, tiba-tiba ada gedoran pintu apartemen yang membuyarkan. Tetangganya minta tolong karena sakit, malam itu apa yang awalnya akan jadi malam terakhirnya menjadi begitu panjang dan tak terduga.
#6. Jubah
Kecelakaan maut terjadi sebagai pembuka kisah.
Ratu Sekop dan cerita-cerita lainnya | oleh Iksaka Banu | cetakan pertama, September 2017 | xii + 189 hlm, 12 x 19 cm | ISBN 978-979-1260-72-5 | Penerbit CV. Marjin Kiri | Desain sampul TINTA Creative Production | Skor: 5/5
Untuk kakakku: Benedictus Raksaka Mahi, sumber kebaikan dan cinta kasih
Karawang, 040618 – Sherina Munaf – Click-Clock
#04 #Juni2018 #30HariMenulis #ReviewBuku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s