Hewan Hewan Mungil #24

Buku pertama yang kubaca di kampung halaman untuk event kali ini. Bukunya ponakan Wildan, terbitan Erlangga. Ada dua seri, hewan mungil dan seri dinosaurus. Karena dino adalah hewan legenda dan tulisan yang disajikan lebih banyak dugaan ketimbang fakta, maka saya pilih review yang akurat.

Buku tipis yang kubaca selepas Subuh dalam sekali duduk. Awalnya kukira asli lokal, eh ternyata buatan luar yang diterjemahkan dan diterbitkan Erlangga. Dengan caption ‘wajib dibaca!’ apakah ini buku worth it? Yup. Mungkin isinya sederhana, tapi bervitamin. Mungkin hanya berisi kutipan dan gambar gambar sederhana tapi sangat bagus untuk edukasi. Mungkin basic sekali, dan memang jelas ini untuk anak anak, jadi lebih kepada buku ajar. Kan jelas sekali di sampul bawah tertulis: Erlangga For Kids. 

Berisi full colour 32 halaman termasuk indeks dan daftar isi. 

Saya pilihkan 14 kutipkan yang menarik:

1 – Anak kalajengking dibawa di atas punggung induknya. Kecoa dapat menghasilkan 30,000 anak dalam setahun! Bekicot dan cacing tanah adalah hewan hermafrodit yang berarti menghasilkan sel telur dan sperma sekaligus. Saat kawin mereka bertukar sperma dan saling membuahi sel telur pasangannya. Anak capung jarum disebut nimfa. Nimfa keluar dari air merayap naik di batang tumbuhan. Capung muda dewasa dapat melepaskan diri dari kulit nimfa. 

2 – Kupu kupu pasha meletakkan telur di atas daun. Ketika menetas, ulat itu akan menggantung pada tangkai untuk jadi kepompong. Dalam kepompong ulat pasha akan berubah bentuk yang kemudian menjadi kupu kupu. Proses metamorfosis laiknya katak. 

3 – Bekicot terkadang menyerang dan memangsa bekicot lain. Jika seekor bekicot menarik diri ke dalam cangkangnya, sang penyerang akan membuat lubang di cangkangnya lalu memangsa korban. Contoh euglandina rosea menyerang bekicot papustila. Undur undur berbaring setengah tersembunyi di dasar lubang berbentuk corong. Larva ini mengibaskan pasir ke mangsanya sehingga mangsa terpeleset dari tepi lubang dan jatuh ke dasar. Belalang sembah tersamar daun dengan sangat baik. Mereka menangkap mangsa dengan kaki depan berduri dan memakannya secara terbalik.

4 – Kumbang kotoran membuat bola kotoran dan menguburkannya ke dalam terowongan tempat telur telur diletakkan. Larva yang menetas akan menemukan banyak sekali makanan yang lezat. 

5 – Thrip atau serangga guntur tidak memiliki rahang kanan. Rahang kirinya ia gunakan untuk menghisap getah tumbuhan. Thrip termasuk hama pemakan jagung dan tanaman pangan lainnya. Di dalam bagian mulut nyamuk yang panjang dan setajam jarum terdapat sebuah tabung penghisap. 

6 – Laba laba adalah hewan mungil yang bisa terbang sekaligus tidak punya sayap. Lalat peri memiliki sayap yang lembut berbulu. Mereka merupakan salah satu jenis hewan mungil terbang paling kecil. Lamuk merupakan salah satu hewan dengan kepakan sayap tercepat. Sebagian lamuk mengepakkan sayap lebih dari 1,000 kali per detik. 

7 – Laba laba pemangsa tuma kayu memiliki rahang yang amat besar dan dirancang khusus untuk menangkap mangsa. Semua laba laba memiliki delapan kaki yang digunakan untuk berlari. Lipan rumah memiliki 30 kaki. Sebagian kaki lebih panjang daripada kaki lainnya sehingga tidak tersandung kakinya sendiri. 

8 – Peluncur kolam memiliki rambut rambut kedap air di kakinya, rambut itulah yang membantunya mengapung di air. Belalang menarik pasangan dengan cara menggosok gosokan kaki belakangnya ke sayap sehingga menghasilkan bunyi seperti bernyanyi. Kutu ekor pegas dapat melontarkan diri ke udara menggunakan ‘ekor khusus’ mereka. 

9 – Siput dan bekicot adalah hewan mungil istimewa melata yang menggunakan satu kaki di sepanjang jalur berlendir. Cacing tanah membuat lubang di tanah dengan cara memakannya. Nematoda adalah cacing giling berukuran amat kecil yang hidup di dalam banyak jenis hewan dan tumbuhan, serta di tanah.

10 – Kupu kupu brimston terlihat seperti daun ivy hijau tempatnya istirahat. Kupu kupu diadem tidak beracun tetapi menipu pemangsanya dengan cara ikut terbang kupu kupu raja afrika dan jeruk swallowtail yang beracun. 

11 – Saat ketakutan ulat ngengat puss mengulurkan jumbai panjang berwarna merah dari tabung di bagian belakang tubuhnya. Kumbang perusak kapas (bapak pucung) dijauhi burung akibat warna warnanya yang memberi peringatan. Kupu kupu burung hantu menjadi makhluk ganas dengan sayap yang terlihat seperti mata besar membelalak jika direntangkan terbuka. 

12 – Katidid (jangkrik semak) menyanyikan lagu ‘katydid, katydidnt’ berulang ulang di malam hari. Katydid punya telinga di kakinya. Kunang kunang bersinar di malam hari untuk menarik pasangan. Kumbang death watch membenturkan kepala ke sisi sisi liangnya! 

13 – Cocopet bersembunyi di bawah kulit pohon untuk menjaga telur telur dan merawat anaknya. Tawon gal ek meletakkan telur pada tulang daun ek. Tulang daun itu lalu menggembung dan membentuk gal yang merupakan rumah aman bagi larva yang hidup di dalamnya. 

14 – Semut penjahit membuat sarang dari dedaunan menjadi satu dengan benang sutra yang dihasilkan dari kelenjar ludah pada larva. Rayap hidup sebagai keluarga dalam sarang besar. Raja dan ratu hidup dalam ruangan khusus. Tubuh ratu akan menggembung membesar saat ia meletakkan telur ke dalam tubuhnya. Ratu rayap dapat bertelur 30,000 butir dalam sehari!

Dengan buku semungil ini informasi yang didapat lumayan juga. Satu yang paling mengerikan adalah fakta kecoa yang menghasilkan 30,000 anak dalam setahun. 

Topik Paling Seru: Hewan Hewan Mungil | by Gerald Legg | diterjemahkan dari UK edition Hot Topics: Minibeast | izin terjemahan dari Chrysalis Children Books | copyright 2003 | alih bahasa Damaring Tyas, S. Si | editor Kiki Sulistiyani, S. Si & Margaretha H. Eddy, M.B.A. | Penerbit Erlangga | 07 06 8765432 | ISBN 979-781-097-6 | Skor: 3/5

Jatipuro – Karanganyar, 240617 – Sherina Munaf – Jalan Cinta 

#HBHSherinaMunafKu #27Tahun 

#24 #Juni2017 #30HariMenulis #ReviewBuku

Advertisements

One thought on “Hewan Hewan Mungil #24

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s