Stand UP Comedy #16


Buku ini kubeli hanya iseng sebagai tambahan beli buku tumpukan lain tahun 2013. Hanya iseng ingin tahu seluk beluk dunia stand up comedy yang saat itu sedang booming di Kompas TV dengan teriakan Pak Indro WARKOP, ‘kompooor gas…’ Jadi apa yang kudapat dari buku? Yah emang ala kadarnya karena terlalu tekstual. Kurang bervitamin. Baca cepat lalu terpajang di rak penuh debu. Yah bagaimana mau jadi buku bagus, lha nama Penulisnya saja pakai tim bukan perorangan.

Saya akan share sebagian yang ada:

Stand up comedy adalah sebuah bentuk seni komedi di mana pelakunya biasanya hanya satu orang berdiri di depan penonton dan secara live berbicara kepada mereka. Di Indonesia bentuk acara ini pertama dikenal Alm. Taufik Savalas, lalu Iwel Iwel dan kembali meledak di tangan Radidtya Dika dan Pandji Pragiwaksono. 

Untuk mendapatkan bahan isinya lebih banyak ke kehidupan pribadi, karena seperti kata Carol Burnett: “Dalam kehidupan setiap orang ada ber-TonTon bahan stand up comedy.” Kalau kata Enest Prakasa, “Sebagai komik 100% nyawa kita ada di penonton, kalau penonton nggak ketawa rasanya itu kayak pengen nangis.” Nah tugas kita bagaimana membuat mereka tertawa.

Ada rule of three: premis, set up dan punchline. 

Menurut Andriano Qalbi, kelucuan ada tiga tipe:

#Analogi: mengandaikan sesuatu. Contoh: banyak tabrak lari kucing di jalanan sehingga menampakkan pocong kucing, kucing gentayangan.

#Exagerasi: melebaikan sesuatu, ya lebai aja.

#Personifikasi: menjadi seseorang. Misalnya di tengah perform kamu tiba-tiba jadi Mr. Bean, Rhoma Irama, atau Andika Kangen Band.

Ada 6 larangan dalam stand up comedy:

#6. Dilarang memakai lelucon orang lain. punchline itu susah dapatnya. Cari inspirasi nulis bahas itu susah, jadi jangan mencuri.

#5. Dilarang memakai lelucun jalanan alias lelucon yang sudah beredar sehingga orang luas sudah tahu.

#4. Kamu boleh saja ngomongin banyak hal, asal jangan orang cacat.

#3. Kalau ngomongin politik dan mengkritisi asal jangan presiden. Ada undang-undangnya.

#2. Jangan pernah memainkan ayak-ayat suci Al Quran atau al Kitab.

#1. Jangan SARA kecuali kamu sendiri adalah pelakunya. Kamu ngeleduk Cina kalau kamu orang Cina. Jangan ngeledek Cina tapi prang Batak.

Nah yang aneh dalam buku ini, larangan nomor satu dan dua dimana kita dilarang mencuri lawakan orang dan memakai lelucun jalanan tapi justru buku copas lelucun dua itme itu. lucunya sama persis dengan yang beredar di jagad digital. Macam joke ala Mukidi yang meledak beberapa bulan lalu. Semua jokes yang ada di dalam buku ini adalah cerita usang yang saya yakin sekali sudah kalian baca sebagian besar. Lebih banyak mungkin di sosial media, atau pesan chat whatapps.

Saya pilihkan satu yang paling akhir, yang saya yakini kalian pasti sudah baca:

Doa Meminta Jodoh Berbagai Edisi:

#1. Ya Allah, kalau dia jodohku, dekatkanlah, kalau dia bukan jodohku tolong dicek lagi, mungkin salah baca. – edisi ngotot

#2. Ya Tuhan kalau dia jodohku, dekatkanlah, kalau bukan jodohku, Ter la lu… – edisi Bung Rhoma

#3. Ya Allah, kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku tolong isi pulsa mama. – edisi penipu

#4. Ya Allah, kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku saya prihantin – edisi SBY

#5. Ya Allah, kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku temannya imut juga. – edisi nawar

#6. Ya Allah, kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku kenapa dia ada di Golkar? – edisi oposisi

#7. Ya Allah, kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku Salah gue, salah teman-tyeman gue? – edisi AADC

#8. Ya Allah, kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku ya sudahlah… – edisi Fade 2 Back

#9. Ya Allah, kalau dia jodohku, lindungilah dia jangan sampai dia tertukar atau hilang. – edisi sendal Sholat Jumat.

Bukunya juga sederhana. SEMUA materi buku ini bisa dengan mudah di dapat di internet. Tak ada sama sekali yang baru. Sejarah stand up comedy, orang-orang besar di bisnis ini, semua orang luar sehingga ada di web. Hanya butuh translate kalau tak menemukan dalam Bahasa. Istilah-istilah yang ada juga dengan mudah kita dapatkan di digital. Dan penutup buku ini berisi lelucun-lelucun jayus ala Mukidi. Semua adalah copy paste, tak ada yang baru. Ah buku macam gini orang awam juga bisa bikin. Hanya butuh koneksi dan komputer, diedit semalam juga jadi. Seperti harapanku yang rendah, memang buku tak bervitamin. Kualitas apa adanya. Dan para Penulis sendiri mencantumkan segala sumber net-nya di halaman akhir dalam daftar pustaka. Dari wikipledia, humorlucu, wakakak, ketawa, gudang humor, kaskus, detik sampai history stand up comedy. Benar-benar copas bersih. Duh, kalau gitu ngapain dicetak dalam bentuk buku. Kenikmatan dalam cetak itu kalau tak bisa mendapatkan dalam digital.

Kelebihan hanya pada kover yang bagus. Cetakan kertas buram tapi enak dibaca. Cukup!

Stand UP Comedy | oleh Redaksi Immortal | editor Affan | design cover Yuki Norimaki | layout Budi | cetakan pertama April 2012 | ISBN 978-602-19950-2-0 | Penerbit Immortal | Skor: 1/5

Karawang, 160617 – Miguel – Adorn

#HBDSherinaMunafKu #27Tahun | 1990 – 2017

#16 #Juni2017 #30HariMenulis #ReviewBuku​

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s