Prediksi Oscar 2017: Choose Wisely ‘Singing’ Or ‘Thinking’

image

Tahun ini akan menjadi tahun ketujuh saya menyaksikan langsung (striming atau bersama komunitas film ke Jakarta) pagelaran Oscar. Tahun ini gegap gempitanya sedikit menurun. Biasanya saat nominasi diumumkan saya dengan gencar segera berburu tapi kali ini hanya seminggu akhir saya kebut nonton dan review #OscarRace. Tanpa googling, mari kita bermain tebak-tebakan. Dan berikut prediksi Lazione Budy:

Best motion picture of the year – “Arrival”
Menebak La La Land menang serasa mengikuti arus kegemparan. Menjagokan Hacksaw Ridge rasanya mendukung Amerika sekali. Lion sulit mengaum dengan kompisisi heartwarming tertebak. Tahun ini saya kembali menuruti kata hati di mana kualitas adalah nomor satu. Arrival adalah film terbaik 2016 yang seharusnya menyandang gelar tertinggi ini.

Performance by an actor in a leading role – Casey Affleck in “Manchester By The Sea”
Menjadi film terakhir yang saya tonton sebelum menebak, sore tadi baru kelar. Menyenangkan sekali menonton drama tragedi sebuah keluarga di Manchester, bukan England tapi sebuah daerah kurang lebih perjalanan mobil 1,5 jam dari Boston, Amerika. Bagaimana sebuah bencana mengubah sifat manusia. Affleck memerankan manusia rapuh itu dengan brilian. Berdamai dengan masa lalu.

Performance by an actress in a leading role – Natalie Portman in “Jackie”
Bencana kalau piala ini jatuh kepada Emma. Dari semua kandidat baru satu yang saya nikmati dan saya tak terkesan. Akting merajut mimpi dari satu kasting ke kasting lain. Dari satu nyanyi ke nyanyi lain. Natalie Portman?

Performance by an actor in a supporting role – Mahershala Ali in “Moonlight”
Nocturnal Animal adalah film bagus. Sayang sekali hanya mengirim satu wakil yang saya yakini gagal menang. Jeff di usia senjanya masih jitu dalam membidik. Patel bisa saja menang karena Lion jadi begitu bernyawa, tapi kepada Ali-lah juaranya.

Performance by an actress in a supporting role – Michelle Williams in “Manchester By The Sea”
Kidman paling kecil peluangnya, aksinya biasa banget. Octavia jos banget, tapi seharusnya di Hidden yang maju Taraji. Saya belum nonton Fences yang kabarnya memberi aksi keren Davis. Yang jelas Michelle benar-benar menunjang kehebatan Affleck. Semoga jadi obat luka kegagalan Blue Valentine.

Achievement in directing – “Arrival” Dennis Villeneuve
Setelah twist keren alasan kedatangan para heptapod terungkap saya langsung plot dua kategori utama harus kepada Arrival. Andai kepada Kenneth-pun saya juga setuju. Karena Manchester superb sekali. Asal jangan kepada Gibson, apalagi Damien. Ayolah, tahun ini kualitas HARUS jadi nomor satu.

Adapted screenplay – “Arrival”
Bagian ini paling sulit. Siapapun yang menang saya tak keberatan. Tapi kalau mutu yang diukur lagi lagi saya harus pilih Arrival, salah satu masterpiece fiksi ilmiah. Sulit sekali membuat bahasa melingkar dengan pemahaman dari berbagai sudut. Dan pilihan menaruh bayangan masa depan di opening scene sehingga sukses mengecoh penonton itu pilihan yang sangat brilian.

Original screenplay – “Manchester By The Sea”
Asal jangan La La Land. Ceritanya cupu. Hell punya daya ledak dan perdebatan seru arti kata ‘merampok’. Jarang-jarang ‘kan saya dukung Manchester, forza LAZIO. Emang cerita berkelas. Film terakhir yang kutonton dan begitu membekas.

Best animated feature film of the year – “Zootopia”
Setelah bertahun-tahun dengan mudah menebak kategori kartun tahun ini kelimpungan. Dimulai Moana yang kupilih sebagai kartun pertama. Jelas aksi Princess keling ini adalah film keluarga kesukaan juri Oscar. Lalu dukungan beralih ke Kubo yang kualitas tiada banding stop-motion. Tapi di menit-menit akhir saya malah dapat kaset Zoo. Dan terkesan sekali hingga memberi rate 5/5. Bagaimana-pun Shakira memang mempesona.

Achievement in cinematography – “La La Land”
Saya terkesan sekali sama Kubo, sayang sekali tak masuk. Lion rasanya sulit. Bolehlah kategori ini ke film musikal.

Achievement in costume design – “Fantastic Beasts and Where To Find Them”
Ketika Allied rilis diluardugaku dalam diskusi banyak yang bernada review negatif. Saya suka sekali film ini termasuk design pilihan baju. Ketika Fantastic rilis saya sudah plot di bagian cotume layak menang. Semua seri Harry Potter ‘kan design kostumnya istimewa. Kalau ga pilih ini bisa digebuki Potter Mania saya.

Achievement in film editing – “La La Land”
Bolehlah musikal menang di sini. Kategori additional yang seandainya Arrival kalah-pun tak membuatku keberatan.

Achievement in makeup and hairstyling – “Star Trek
Karena baru film ini yang sudah kutonton. Haha.

Achievement in music written for motion pictures (Original score) – “La La Land”
Ya ya setuju sekali kalau ini yang menang permainan piano si Ryan juara sekali. Tebakan mudah kalau yang ini.

Achievement in music written for motion pictures (Original song) – “City Of Stars” from “La La Land”
Karena musikal, kedua kategori ini patut untuk mereka. Audition pun sama bagusnya, saya setuju. Sayang sekali film seceria Trolls hanya mengirim satu wakil di waktu yang tak tepat. Coba lagi kapan-kapan Justin!

Achievement in production design – “Arrival”
Design batu cobek dengan lubang kotak anti gravitasi itu ide yang brilian. Senyap dan mencekam.

Achievement in sound editing – “Sully”
Menjadi satu-satunya nominasi dari film pahlawan lokal Sully. Semua sudah kutonton dan bagus semua di bagian ini. Tapi sully sudah kuplot jauh hari, rasanya tinggal pengesahan aja.

Achievement in sound mixing – “La La Land”
Hacksaw bisa saja menang, perang jadi begitu mencekam. Sampai sekarang saya belum lihat Rogue One. Tapi tahun ini urusan suara memang milik Bla Bla Bland.

Achievement in visual effects – “The Jungle Book”
Efek di bagian ini keren semua, sangat mendukung cerita. Kubo dengan jerangkong raksasanya. Deepwater dengan semburan apinya. Dr Strange dengan kota lipatnya. Antara Strange dan Jungle. Kisah adaptasi dari buku Kipling tak boleh tangan hampa. Satu-satunya tiket itu ada di sini.

Karawang, 260217 – Arina Grande feat Iggy Azalea – Problem

Iklan

One thought on “Prediksi Oscar 2017: Choose Wisely ‘Singing’ Or ‘Thinking’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s