The Stepsister 2 – R.L. Stine

image

Ini adalah jenis buku yang sekali duduk kelar baca. Tipis, seru, tegang tiap ganti bab seakan mengajak Pembaca untuk tidak memenggal kisah. Saya sendiri penggemar RL Stine sejak sekolah, walau untuk seri Fear Street baru belasan yang saya baca, setidaknya saya benar-benar menikmatinya. Dulu pas sekolah saya membacanya di Perpus Kota Solo bareng Inu, teman STM, atau di persewaan Favorite, atau beli di toko buku loak Gladag. Zaman sekolah untuk buku seharga 2 ribu saja terlihat sangat mahal, kala itu.

The Stepsister 2 sudah lama di rak, baru saya buka dan baca lagi untuk refresh sebelum kuulas. Kisahnya khas banget RL Stine di mana Pembaca terus diajak terlibat tanpa menggurui. Pembaca diajak merasakan ketegangan dan penasaran, apa yang akan terjadi berikutnya. Berisi 26 bab yang pendek-pendek namun tiap bergantinya meng-elem tangan dan mata untuk terus ikut berpetualang lembar demi lembar.
Kisahnya sendiri kalau difilmkan mungkin akan jadi seperti serial remaja thrilling dengan beberapa adegan kaget-kagetan. Namun di buku ini ada kejutan. Lumayan seru sih. Tentang Emily Casey yang resah dan takut menyambut kembali pulang saudaranya Nancy dari RSJ – Rumah Sakit Jiwa. Nancy masuk RSJ karena tahun lalu mencoba membunuhnya. Nancy begitu mendendam karena kematian sang ayah. Ayah mereka tewas dalam kecelakaan perahu motor bersama Emily. Ia selamat dan Nancy begitu menyalahkannnya.

Setelah kecelakaan itu ibunya menikah lagi dengan duda anak dua, Jessie dan Rich Wallner. Kini mereka memiliki keluarga besar yang bahagia. Kecuali Rich yang berusia 14 tahun yang suka ngambek dan bertingkah aneh. Jessie, adik tirinya yang sebaya dengan Emily yang bertingkah. Dan tentu saja Nancy, kakak kandung yang dulu dihormati dan jadi panutan kini malah mencoba membunuhnya. Trauma itu membekas, dan Emily selalu coba berfikiran positif.
Emily memiliki teman karib bernama Cora-Ann, yang terkadang ikut menginap di rumahnya karena memiliki masalah dalam keluarganya. Keluarga sahabatnya hanya segelintir yang diketahui, nantinya akan jadi sebuah kejutan dalam silsilah yang membuat Emily begidik.

Emily memiliki seekor anjing kesayangan bernama Butch. Karena ini untuk remaja maka bisa ditebak, karakter pembantu seekor binatang bisa kalian tebak akan tewas. Dan benar, Butch nantinya tewas mengenaskan. Namun dari Butch-lah kunci semua teka-teki ini terkuak.

Emily memiliki kekasih bernama Josh, salahnya Josh adalah mantan kekasih kakaknya sehingga seperti kisah cinta segitiga, ada rasa tak enak hati namun kisah terus berlanjut kendati Nancy sudah kembali. Josh sendiri seorang cowok cool yang cuek dan menjalani hidup apa adanya. Dalam sebuah adegan, mereka terkejut saat Cora-Ann tiba-tiba muncul saat pacaran, kemunculan itu mengejutkan mereka, namun Josh dengan santai bilang, “hello Cora-Ann, masuklah.”

Dengan sudut pandang orang pertama, kisah digulirkan dengan sangat renyah. Namun satu demi satu kejadian buruk terjadi. Emily terjatuh dari tangga, mobilnya rem tak berfungsi, ditelukan senjata di halaman, sampai yang paling fatal menggosok gigi dengan power glue!

Ada satu nama lagi yang jadi kunci, adalah Jolie. Nama ini awalnya hanya disebut sekelebat, namun ternyata jadi poin penting di akhir. Saya yang senang kisah-kisah detektif saja masih bisa ditipu RL Stine!

Untuk buku sederhana Adik Tiri 2 termasuk sukses. Terjemahan juga Ok sehingga mengajak pembaca terus terpaku. Dan sekali lagi, untuk buku jadul RL Stine sukses membuat pembaca geram.

Adik Tiri 2 | by R.L. Stine | copyright 1995 by Parachute Press, Inc. | diterjemahkan dari The Stepsister 2 | Alih Bahasa Ramayanti | GM 308 98.261 | Penerbit Gramedia Pustaka Utama | Cetakan ketiga, Agustus 2000 | 176 hlm; 18 cm | ISBN 978-605-261-x | Dicetak di atas kertas Koran Inforsa – Import Canada | Skor: 4/5
Ruang HR NICI – Karawang, 171116 – Sherina Munaf, Sebelum Selamanya

Advertisements

3 thoughts on “The Stepsister 2 – R.L. Stine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s