Welcome EPL – Saatnya Join FPL

image

image

(Tim pertama saya: 3 pemain Chelsea, 3 pemain lawan MU, 2 pemain Liverpool)

Saya seorang Laziale murni. Sehingga ketika dalam beberapa tahun terakhir marak Fantasy Premiere League (FPL) saya adem ayem. Sebuah fantasi menjadi seorang manager klub di liga (yang diklaim) terbaik sejagad. Walau sesekali menyaksikan live pertandingan Liga Inggris ketika tayang lokal, saya tak terlalu mengikuti runut. Sejarah panjang kenapa saya selingkuh dengan Chelsea FC sebenarnya karena saat itu eks Lazio, Pierluigi Casiraghi dan Roberto Di Matteo hijrah ke sana. Jadi kenapa musim ini saya memutuskan bergabung dengan imajinasi EPL (English Premiere League)?
Pertama, di grup Football On Chat (FOC) What Apps sedang ramai. Kena virus teman-teman yang menggunjing aplikasi ini. Kalau tiap hari dicecar hal yang sama siapa yang tahan? Chat FPL tentu saja berakhir saat liga selesai. Namun tensi menjelang kembali bergulir kembali ramai. Apalagi muncul saran kalau mau bergabung, inilah saatnya saat yang tepat saat kompetisi siap digulirkan. Malam ini (13/8) Pertandingan perdana akan dimulai, jadi timing-nya pas.
Dengan bergabungnya Lazione Budy maka saya melengkapi teman-teman yang sudah dulu. CEO web bolaitubal.com bung Suprapto Huang, pemain IDFL.com yang paling getol Arif Pranata, pemilik akun mumet-ndase.com Lik Jie, teman blogger ganganjanuar.com serta yang terbaru yang juga gabung hari ini theinigo.com bung Jacky. Belum lagi teman-teman FOC yang memang tiap pekan tak bosan menjejali FPL.
Kedua, EPL secara resmi musim ini sampai tiga tahun ke depan tayang lokal. Oke musim lalu memang jua tayang namun jelas MNC grup terlihat sangat antusias menyambutnya. Sebelumnya tayang masih setengah hati, terkadang saat live-nya bersamaan dengan EPL kalah sama acara unggulan liga dangdut atau shitnetron. Jadi kenapa saya bisa yakin musim ini mereka all out? Selain harga hak siar yang makin menggila, jelas Perindo akan berusaha setengah mati merebut simpati penggemar bola jelang tahun akbar 2019. Kepalkan tangan dan mari kita hafalkan mars-nya bung! “Jayalah Indonesia…”
Ketiga, kabar Serie A tak tayang di Bein Sport membuatku shock. Pamornya memang turun namun cintaku tak akan luntur. Oke sudah lama tak tayang lokal, namun saya selalu berusaha nonton bareng Laziale Indonesia Region Karawang (LIRK) tiap pekannya. Di kafe yang menyediakan Bein, di rumah teman yang punya langganan jeruk tv bahkan streaming di warnet ramei-ramei (oke kalau lima orang dianggap ramai ya). Dengan tak tayang di Bein – beserta tv kabel kroninya serta (kemungkinan) tak tayang lokal, maka tiap pekanku akan benar-benar hampa. Oouhh… mengandalkan streaming? Selain harus berkuota, HP SONY-SHERINA ku baterainya drop gara-gara keseringan main COC (Clash Of Clan). So, hiburan bola terpaksa melebar ke ranah Britania dan sekalian nyemplung main FPL. Yah, sembari nunggu aplikasi ‘Fantasi Serie A’.
Seharian ini saya otak-atik, saya download di playstore. Akan muncul banyak aplikasi mirip, plilh yang bergambar Singa hitam background hijau dengan tulisan ‘Premiere League – Official App’. Setelah terpasang kita diminta register. Saran saya ga usah disambungkan facebook atau twitter, rada ribet. Saya berulang kali, muter-muter menunggu ketidakpastian. Daftar email aja, saya sekali coba berhasil, masukkan email lalu masukkan password. Setelah itu buka email klik konfirmasi. Berikutnya menyusun tim. Aturannya sederhana, ada 15 pemain yang bisa kita pilih dengan syarat maksimal tiga pemain dalam satu klub. 11 pemain utama, 4 cadangan. Dengan budget 100m Pound komposisinya: 2 kiper, 5 bek, 5 pemain tengah dan 3 penyerang. Pilih juga kapten dan wakilnya karena kapten yang kita pilih kalau OK poinnya ganda. Pemilihannya paling lambat satu jam sebelum kick-off pertandingan pertama pekan itu. Biasanya Sabtu senja gini (tulisan dibuat jam 17:00) harus benar-benar siap.
Langkah selanjutnya kita bisa gabung atau bikin liga sendiri. Karena saya penghuni FOC maka saya tinggal gabung sama teman-teman, memasukkan kode, join. Selesai! Tinggal nikmati dan tunggu hasil keseluruhan Pekan pertama EPL. Oiya, katanya transfer pemain bisa dilakukan sekali tiap pekan, tak boleh lebih karena akan kena pinalti 4 poin.
Kalian boleh gabung dengan kita, beberapa kode private league yang saya ikuti: Liga IDFL: 2004417-569680. Liga FOC 124995-110228. Liga klasik IDFL 731517-199542. Panditfootbal: 52184-18509.
Sejauh ini baru 4 liga yang saya ikuti. Karena ini adalah aplikasi coba-coba, akan saya review nanti bulan Januari 2017, di blog ini tentunya. Kalau menarik akan saya lanjutkan, kalau tidak ya hapus. Yang pasti saya hanya akan mendaftarkan satu akun semenarik apapun.
Terakhir, berandai-andai nih. Kalau ada Fantasi Serie A repot juga ya memilih 3 pemain Lazio Thr Great. Karena memilih yang terbaik dari yang terbaik tentunya berat, bintang semua bro. Namun kalau dipaksa memilih tiga terbaik pemain Lazio saat ini saya akan memasang: Stefan De Vrij, Marco Parolo dan Lucas Biglia sebagai kapten. Dan jangan harap pemain tetangga akan saya pasang. Bisa-bisa tim lawan tetangga akan saya masukkan starting semua tiap pekannya. Forza Lazio!
Karawang, 130816 – Keane – May Be I Can Change

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s