Target Ramadan 2016

image

Marhaban ya Ramadan. Alhamdulillah ketemu lagi bulan suci. Sebagai seorang yang terlahir dan dibesarkan di lingkungan Muhammadyah, kami tak terlalu pusing tanggal mulai dan selesainya puasa. Segalanya sudah bisa dihitung. Di era modern sekarang, nyaris semuanya bisa dipetakan sehingga hitungan kalender menurutku bisa diandalkan.
Tahun ini target bulan Ramadan adalah menyelesaikan baca empat buku tebal yang kesemuanya gagal selesai di kesempatan pertama, sehingga tantangannya lebih berat. Kenapa saya pilih ya karena kalau ditarget daya tahan baca kita akan nyala terus. Berikut buku-bukunya:
Sultan Mehmet II, Sang Penakluk – John Freely
Ini buku sudah mengendap setahun. Saya ingat sekali pertama mulai baca saat ada acara outing NICI 2015 ke Trans Studio, Bandung. Saya baca di bus perjalanan yang melelahkan itu. Outing itu sudah berlalu lama karena Senin lalu kita juga outing NICI 2016 ke Jungleland, Bogor. Ternyata kisah inspiratif Islam ini baru kebaca satu bab, lalu terbengkalai. Sebuah tantangan berat membaca non-fiksi. Sejarah emas Agama Islam dalam invasi ke Eropa.
Seratus Tahun Kesunyian – Gabriel Garcia Marquez
Ini juga novel lama tahun 2014 belinya. Semangat di awal, ngedrop ketika mencapai 1/5-nya. Bukunya tebal sekali, tembus 551 halaman dicetak layaknya al kitab. Dengan embel-embel sastra nobel, harusnya memikat.
Zarathustra – Nietzsche
Sudah kubaca pengantar dan bab pertama, namun tak selesai. Butuh kekhusukan, waktu luang yang pas dan kemauan keras untuk benar-benar lahap. Saya coba pertama bulan November 2015 dengan kopi melimpah, musik sendu dan waktu bakda Mahgrib yang tenang. Sayang terhenti dan keganti buku lain. Gara-garanya, iseng meletakkannya lalu mulai buku lain.
Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer
Beli bukunya saat pergantian tahun ini saat pulang kampung Solo. Beli di Gladak sama Wildan Aziz Pratama, ponakan. Sempat semangat di bulan Maret namun drop karena dapat pinjaman buku yang melimpah dari teman kantor. Baca buku gratis rasanya berlipat antusiasnya. Free dan ingin segera selesai untuk dikembalikan. Akhirnya akhir Mei saya mulai baca lagi. Kini sudah sampai halaman 200an jadi sudah dapat separo. Saya pastikan akan jadi buku pertama dari daftar ini yang akan saya geber. Target sih masuk daftar review bulan Juni dalam #30HariMenulis. Ini mahakarya bro, setiap kalimatnya sangat menggugah.
Selain empat buku itu, harus diimbangi amalan. Taraweh inginnya minimal 23 malam berjamaah. 23 adalah angka keramat, nomor rumahku. Lalu target tahunan, khatam 30 juz. Lalu memperbaiki bacaan sholat. Beberapa hari lalu saya buka buku ‘Tuntunan Sholat Lengkap’, ternyata bacaan sholatku yang setiap hari saya lakukan itu ada yang ga pas terutama panjang pendeknya. Yah, mumpung Ramadan mudah-mudahan bisa diperbaiki. Dan yang terakhir, saya HARUS saat Lebaran 2016 nanti saya hafal Quran Surat Al-Mulk. Surat spesial 30 ayat ini akan saya hafal satu ayat satu hari. Nah dari semua target itu, sesungguhnya ini yang paling sulit. Tantangan itu harus dihadapi kalau ga dipaksa ya ga akan bisa. Kalau ga sekarang, kapan lagi?! Teriaklah NICI dan saya pasti akan balas “BISA!!!”
Oke, mari kita mulai. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan. Selamat datang bulan suci Ramadan. Selamat berjuang berlomba mencari pahala, mudah-mudahan kita benar-benar jadi pemenang dalam pertaruhan 30 hari ke depan. Allahu akbar!
Karawang, 060616/01Ramadan1437 H – Nikita Willy – Surat Kecil Untuk Tuhan

7 thoughts on “Target Ramadan 2016

Leave a Reply

