5 Buku Pinjaman

image

April 2016 mendekati akhir, bulan besar Mei sipa menyambut. Alhamdulillah sebelum gajian, dapat pinjaman buku baru. Selalu antusias membaca gratis! Ibarat penjajakan, kalau bagus tinggal dicari di toko buku untuk dikoleksi, kalau jelek setidaknya tak mengeluarkan uang. Dua buku dari Putri Wedaswari, teman kerja yang dulu meminjamkan 24 Wajah Billy. Tiga buku dari pengajar Bahasa Inggris, Miss Devi. Seperti yang lalu-lalu, akan saya nukil se-paragraf tulisan di back-cover sebagai penyemangat membaca nantinya.
Pinjaman Putri:
Midah, Si Manis Bergigi Emas – Pramoedya Ananta Toer
Midah, pada awalnya berasal dari keluarga terpandang dan beragama. Karena ketidakadilan dalam rumah, ia memilih kabur dan terhempas di tengah jalanan Jakarta tahun 50-an yang ganas. Ia tampil sebagai orang yang tak mudah menyerah dengan nasib hidup, walaupun ia hanya penyanyi dengan panggilan “si manis bergigi emas” dalam kelompok pengamen keliling dari satu resto ke resto, bahkan dari pintu ke pintu rumah warga.
A Beautiful Mind – Sylvia Nasar *dipinjam lagi sama Rani W makanya tak ada di foto
Tentang John Forbes Nash Jr. Yang menemukan teori perilaku rasional dan teori permainan. Pemenang Nobel yang kisahnya sudah difilmkan tahun 2001 dengan bintang Russel Crowe.
Supernova (Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh) – Dee
Di dunia dengan jarak yang kian menyusut dan pikiran yang dituntut untuk semakin mengglobal. Supernova bisa memberikan beberapa alternatif persepsi untuk memandang eksistensi manusia dengan relasinya dengan seluruh aspek kehidupan makro. Karena Supernova adalah virus. Virus pikiran. Tinggal satu pertanyaan: Siapkah Anda terinfeksi?
Shiloh: Persahabatn Sejati – Phyllis Reynolds Naylor
“Malam ini, ia akan kubiarkan, tapi jika ia keluyuran lagi, aku akan memukulinya habis-habisan. Kujamin itu!”
Bagaimana perasaanmu mendengar seseorang berkata demikian mengenai sesuatu yang kamu cintai? Marty nyaris tak kuasa menahan tangis saat mendengar Judd Travers mengucapkan kata-kata jahat tersebut mengenai anjing kecil yang dia temui siang itu. Anjing manis dan lucu yang mengikutinya sesiangan, yang berlari menghampiri saat Marty bersiul, yang benar-benar telah merebut hati Marty. Anjing yang telah ia beri nama Shiloh, yang ternyata kepunyaan Judd Travers, tetangga yang tak segan-segan menyiksa binatang demi kegemaran berburu. Anjing yang ia ingin miliki, tapi tak mungkin karena keadaan keluarganya yang pas-pasan.
Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela –
Ibu guru menganggap Totto-cahn nakal, padahal gadis cilik itu hanya punya rasa ingin tahu yang besar. Itulah sebabnya ia gemar berdiri di depan jendela selama pelajaran berlangsung. Karena para guru sudah tak tahan lagi, akhirnya Totto-chan dikeluarkan dari sekolah.
Karawang, 220416 – Selamat hari Kartini #TheAdams – Pagi Siang Malam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s