Lupita Nyong’o: Setiap Orang Boleh Bermimpi

image

Pergelaran Piala Oscar 2014 sudah berlalu. Tak banyak yang masih dibicarakan selain para pemenang dan film-film yang memukau seperti film terbaik 12 Years A Slave dan film peraih Oscar terbanyak Gravity. Sementara artis yang meraih Oscar relatif tak begitu terkenal bahkan diantaranya ada yang baru pertama kali masuk daftar nominasi tapi langsung menang seperti yang dialami Lupita Nyong’o.

Artis ini masih menjadi perbincangan hingga kini meski perannya hanya sebagai artis pendukung. Lebih dari itu ia adalah nominasi berkulit hitam keturunan Afrika yang jika dilihat sejarah, kaum Afro-Amerika sangat jarang menang di pergelaran Academy award. Tantangan ini masih ditambah dengan kenyataan bahwa di barisan nominasi Lupita harus bersaing dengan artis kenamaan Jennifer Lawrence (American Hustle), Sally Hawkins (Blue Jasmine), Julia Roberts (August: Osage County) dan Jane Squibb (Nebraska).

Academy award yang lebih popular dengan sebutan Piala Oscar adalah ajang pergelaran penghargaan film yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), yang anggotanya kalangan selebritis AS dan unsur-unsur pendukungnya. Anggotanya sekitar 6000 orang. Mereka inilah yang memilih siapa yang masuk nominasi dan menentukan pemenangnya.

Meski saingannya berat, jika patokannya pada kemampuan akting di film tersebut, peluang Lupita memang amat besar. Hal ini terlihat sebelum Oscar, 12 Years A Slave meraih 29 award ajang festival film dunia selama 2013. Prediksi itu terbukti benar.

Setelah menerima piala, Lupita berpidato, “Ketika saya melihat ke patung emas ini (Piala Oscar), itu menyadarkan saya dan setiap anak kecil bahwa tak masalah kamu berasal dari mana, mimpimu itu sah.”

Nyong’o adalah artis kelahiran Meksiko City, Meksiko, 1 Maret 1983. Ayahnya seorang politisi Kenya, Peter Anyang Nyong’o yang ketika lahir Peter sedang menempuh pendidikan politik di Meksiko dengan membawa serta istrinya, Dorothy. Karena tempat lahirnya itulah, Nyong’o memiliki dua kewarganegaraan.

Mereka pulang ke Kenya ketika Nyong’o belum genap satu tahun. Ayahnya menjadi profesor di University of Nairobi. Mereka hidup di kelas menengah. Saat usianya 16 tahun ayahnya kembali ke Meksiko untuk belajar Bahasa Spanyol. Lupita ikut dan belajar di Universidad Nacional Autonoma de Mexico.

Ketertarikannya di dunia akting terjadi saat dia menempuh pendidikan di Hampshire Collage di Amerika dengan mengambil kelas drama. Setelah lulus dia bekerja di sebuah production house, lama-lama ia tertarik ikut serta dalam akting. Kesempatan pertama di dapat tahun 2008 ketika sautradara Marc Grey membuat film pendek East River.

Film ini tak banyak mendapat perhatian. Di tahun itu juga ia kembali ke Kenya. Lalu membuat film seri televisi Shuga yang ditayangkan di MTV Afrika. Setelahnya membuat film dokumenter In My Gene yang bercerita tentang populasi albino di Kenya yang ia tulis, sutradarai, dan produksi sendiri. Ternyata film itu mendapat perhatian dan menjadi pemenang di ajang 2008 Five College Film Festival. Bakat sutradaranya makin teruji saat menyutradarai video musik The Little Thing You Do (Wahu featuring Bobi wine) yang menjadi nominasi pemenang Best Video Award di MTV Africa Music Award 2009.

Ternyata ia penasaran dengan bakat aktingnya. Untuk meningkatkan kemampuan aktingnya ia sekolah lagi di Yale School Of Drama, Yale. Selama menempuh pendidikan ia mendapat tawaran dari Steve McQueen. Film itulah yang kita kenal memenangkan best picture 2013.

Diketik ulang dari majalah Luar Biasa edisi No. 64 Tahun VI | April 2014 halaman 27-28

FX Sudirman – Jakarta, 230216 – Oscar 2016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s