Focus: A Fun Way To Focus

Nicky: There’s two kinds of people in this world. There’s hammers and there’s nails. You decide which one you want to be.

Wah ternyata bagus. Tanpa tahu ini film tentang apa, saya tertarik menontonnya karena dibintangi oleh Will Smith dan Margot Robbie. Seperti yang saya bilang sebelumnya untuk jadi film bagus di era sekarang ini, penonton harus dibuat terpukau sejak menit awal. Fokus memberikan rasa penasaran bahkan sebelum saya duduk menonton dalam posisi nyaman. Film tentang tukang tipu emang selalu menarik.

Nicky (Will Smith) menelpon sebuah restoran elit melalui telpon hotel untuk memesan meja makan malam, dijawab mejanya penuh dan harus booking sehari sebelumnya. Lalu dia menelpon menggunakan HP. Dan adegan berikutnya Nicky duduk santai makan malam. Dan muncullah Jess (Margot Robbie) mengajaknya berkencan. Saat di kamar, muncullah lelaki yang mengaku suaminya dan mengancam Nicky karena menyelingkuhi istrinya. Dengan enteng, Nick menampiknya. Dia tahu ini trik dan tipuannya dengan mudah diketahuinya. Kagum akan pengetahuan Nick masalah kejahatan, Jess lalu bergabung dengan genk Nicky.

Dimulailah pelatihan kejahatan dari kelas jalanan dampai kelas elite. Dari mencopet yang terorganisasi sampai menipu bos-bos kalangan atas. Awalnya mereka profesional, atas dasar pekerjaan dan uang namun perlahan dan pasti ada rasa di antara mereka. Puncaknya dalam melakukan tipuan di lapangan football Amerika. Melalui rencana yang rumit mereka bisa dengan brilian menghantam bos judi Las Vegas. Namun setelah itu mereka pisah, Nick menganggap ini selesai sementara Jess yang jatuh hati merasa sedih segalanya berakhir. Jalan pisah yang berat ini sempat menyentuh hatiku, chemistry mereka luar biasa.

Bergulirnya waktu mereka secara tak sengaja bertemu dalam misi penipuan yang lebih besar bedanya kini mereka berlawanan. Intrik lama dikuak, hati yang luka sibuka. Menyeret persaingan pembalap, pencurian dokumen, strategi akal-akalan, sampai hubungan keluarga. Perhatikan penjelas Nick soal keadaan yang mendesak, itu akan jadi kunci di adegan puncak. Walau sempat menebak akan seperti itu namun saya sempat shock juga saat letusan tembakan itu dibidikkan. Baguslah, film dengan tensi ketegangan, drama dan analisis disajikan pas. Akankah mereka akhirnya bisa bersama?

Well, setelah The Wolf of Wallstreet yang heboh itu, ini adalah penampilan bagus Margot. Tetap mengandalkan keseksian, dia bak permata di sekumpulan para begundal. Tatapan menggoda, gerak-gerik khas penipu dan penjiwaan yang solid dengan mimik baik. Sangat bagus, dia cocok memerankan karakter penggoda dengan porsi karakter yang menawan. Penampilan Will Smith tak usah dibahas, selalau istimewa!

Focus | Director: Glenn Ficarra, John Requa | Screenplay: Glenn Ficarra, John Requa | Cast: Will Smith, Margot Robbie, Rodrigo Santoro | Year: 2015 | Skor: 4/5

Karawang, 170915

Advertisements

4 thoughts on “Focus: A Fun Way To Focus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s