Kado

Ulang tahun tak selalu perlu dirayakan, saya sendiri selalu melewati hari istimewa tersebut dengan biasa. Jelang 3 September, Meyka sudah wanti-wanti pengen kado apa? Kurasa, ditanya seperti ini lebih bagus ketimbang kasih kejutan namun isinya tak sesuai kebutuhan. Seperti tahun lalu, saya tak mau dibelikan apa-apa, selain buku. Doaku alokasi budget beli buku ditambah. Tahun lalu, 4 buku Tere-Liye datang ke rak buku keluarga. Tak beda untuk sekarang, saya minta buku lagi. Awalnya sih minta 1 juta buat beli buku baru, namun melihat ekonomi Indonesia yang sedang tak bagus, rasanya ga bijak. Akhirnya setelah hitung sana-sini kebutuhan, disepakati budget beli buku untuk kado adalah 300 ribu.

Secepatnya saya cari-cari buku bagus. Incaran pertama Divergent series. Udah pengen punya sejak dua tahun lalu saat tahu akan diadaptasi film. Sementara saat ini sedang mengincar buku klasik dari Olih yang baru di-update termasuk di dalamnya buku perdana penulis besar Rusia Fyodor Dostoevsky. Dee dengan Filosofi Kopi-pun sudah ada dalam angan jauh hari. Akhirnya setelah pusing pilih-pilah dengan budget 300 ribu kepilihlah daftar buku berikut:

  1. Divergent (Veronica Roth) – 59 ribu
  2. Insurgent (Veronica Roth) – 52 ribu
  3. Filosofi Kopi (Dee) – 39 ribu
  4. How the World Works (Noam Chomsky) – 71 ribu
  5. A Room With A View (E.M Foster) – 53 ribu

Plus ongkir 2 kg 18 ribu, jadilah 292 ribu. Save 8 ribu dari budget yang sudah ditetapkan. Alasan kenapa saya memilih lima buku tersebut adalah: 1) Divergent series, dua filmnya bagus, review bukunya pun kece. Salah satu young-adult berbaik dekade ini. Well, patut dicoba dua dulu kalau OK kita tuntaskan seri berikutnya. 2) Dee kualitas buku sudah tak diragukan lagi. Filosofi masuk daftar jauh hari jauh sebelum ada niat filmnya muncul, dan mungkin memang inilah saatnya memiliki. 3) How the World Works, gara-gara di grup buku ada yang nyeletuk ini buku bisa menyesatkan karena non-fiksi dan dibumbui logika. Jadi mari kita lihat, seberapa kontroversikah? 4) A Room With A View adalah buku klasik yang sudah lama kuinginkan. Se-‘romantis’ apakah perlu dibukdikan.

Olih di standbuku sebagai tukang buku yang terpercaya dan sudah beberapa kali beli tadi siang info buku segera dikirim bahkan sebelum saya kasih bukti transfer. Oh teman, 3 September masih seminggu lagi! Tapi ga masalah juga sih yang jadi kendala bukan hari H ultahnya, tapi approve Meyka buat beli buku. Lebih cepat sampai lebih baik, tak sabar ingin segera memeluk Tris dkk.

Karawang, 280815 – HR NICI room

Advertisements

4 thoughts on “Kado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s