Program Ulang Otak

image

Wonderful morning! Pagi yang menakjubkan. NICI motivasi dan Inspirasi hari ini luar biasa keren. Tentang program ulang otak. Yang isi Factory Manager, Bpk Endang Rahmat. Selama sejam penuh dapat kuliah tentang konsep memprogram ulang otak. Pikiran kita yang sudah banyak dijejali pikiran negative perlu dibersihkan. Kesuksesan harus dipetakan. Ada dua topik utama: Konsep Diri dan Kepercayaan, pagi ini dibahas bagian pertama. Konsep diri dibagi dalam 4 langkah:

1. Kenali Kesuksesan Kita

Ditulis. Setiap orang pernah sukses. Sukses yang berarti berhasil mencapai target yang ditetapkan, setiap orang jelas berbeda-beda. Kenali kesuksesan yang sudah kita raih, lalu tuliskan! Sebagai contoh: lulus kuliah, nikah, naik jabatan, dan seterusnya. Tulis tulis tulis! Memori kesuksesan adalah trigger yang bagus untuk menatap masa depan. Memori kita dalam sehari hanya menangkap 5-9 bit kenangan. Sisanya menguap oleh waktu. Jelas dong kita lebih mudah membaca ketimbang mengingat. Ayo tulis tulis tulis!

2. Simbol Kesuksesan

Banyak simbol kesuksesan yang mungkin terlihat sepele namun berkesan. Sering kita lihat orang-orang memajang foto wisuda di dinding ruang tamu. Atau plakat Ka’bah di sana. Macam-macam, hal yang secara tak langsung memberitahu kita, sang tuan rumah punya simbol impian tersebut. Itu salah satu simbol kesuksesan. Nah apa yang menjadi kenangan sukses kalian, tampilkan. Foto, ijazah, kenang-kenangan, piala, piagam, dan seterusnya.

3. Visualisasi

Multitasking. Bayangkan hal-hal yang menyenangkan saat kesuksesan diraih. Saat hal-hal positif dimasukkan ke dalam pikiran, hal positif pula yang akan dilakukan. Dalam sesi visualisasi, peserta diminta memejamkan mata selama 2 menit. Lalu membayangkan impian apa yang akan diraih 1, 2 atau 5 tahun ke depan. Saat itu saya membayangkan JK Rowling menjabat tangan saya dan dia bercerita tentang awal mula terciptanya Harry Potter. Tentang kambing-kambing yang berjejer dilihatnya di kereta api. Sama persis seperti yang saya baca. Silakan bayangkan saat kesuksesan itu diraih apa saja yang akan kamu lakukan.

4. C.R.A.F.T

Cancel. Replace. Affirm. Focus. Train. Setelah 3 langkah, ini yang paling penting. Wujudkan. Hapus hal-hal negative dalam pikiran. Ganti dengan sesuatu yang positif. Lalu tegaskan kita bisa. Fokus terhadap tujuan. Dan Wujudkan, bertahap. Latih terus. Ketika kecil kita sering dicekoki hal negative, seperti cerita kancil nyolong timun, pemuda nyuri selendang putir kayangan, dst. Anak kecil polos. Tak takut apapun, kita yang sering melarang ini itu.

Contoh: Kata, “saya malas”. Maka akan jadi beneran kalau sering ditanamkan. Hapus itu dengan bilang, “saya tidak malas. Saya orang yang rajin sekali.” Tegaskan dengan keseharian. Fokus bahwa saya bisa. Dan latihlah setiap hari. Train disini timeline-nya adalah 21 hari. Kalau kita terlambat kerja dan berniat untuk memperbaiki diri. Cobalah bertahan selama 21 hari utnuk tepat waktu. Hasilnya setelah itu akan terbiasa dan membentuk pola yang positif. Ingin sholat malam dengan konsisten. Lakukan selama 21 hari berturut-turut, otak kita akan mengikuti rutinitas tersebut. Sisanya akan terbiasa. Siap untuk jadi sukses? Lets go!

Karawang, 240715 – Ruang HR NICI

Advertisements

8 thoughts on “Program Ulang Otak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s