Semalam Saya Mimpi

Semalam saya mimpi. Saya kembali ke masa kecil. Kembali ke SD, di halaman sekolah tersebut masih sama. Anehnya saya kembali ke zaman SD tapi setting waktunya awal tahun 1940an. Saat Jepang sedang menginvasi kita. Entah apa maksudnya. Saya dan teman-teman ada di belakang halaman sekolah di parkiran sepeda. Saat itu orang-orang Jepang sedang berbaring melewati sekolah kami. Kami ketakutan. Lalu setelah barisan pasukan lewat, datanglah pesawat berjejer-jejer menjatuhkan bom. Bukan bom yang merusak, namun bom yang hanya mengakibatkan lubang menganga sebelas mulut ember. Pesawat kecil tersebut berputar membentuk kotak terhadap gedung sekolah kami. Entahlah apa maksudnya. Saya teriak memanggil pak wali kelas. Tapi tak ada. Saya cari guru yang lain di sepanjang ruangan, namun tak ada orang dewasa satupun. Kami lalu kembali ke halaman belakang sekolah dekat parkiran.

Barisan pesawat tersebut setelah melakukan satu putaran, meninggalkan gedung sekolah. Saya memberanikan diri mendekati garis bekas bom pesawat yang kotak tersebut. Ternyata membentuk banyak lubang dengan jarak sekitar 2 meter. Entah maksudnya apa. Belum sepenuhnya ngerti, tiba-tiba datang barisan pesawat lainnya. Saya kembali ke parkiran sepeda. Pesawat berikutnya ini membawa beton-beton yang diikat menjulang. Saat sampai di atas lubang-lubang yang sudah dibuat pesawat sebelumnya, beton tersebut dijatuhkan dan menancap pas. Begitu berputar mengeilingi sekolah kami. Lalu barisan itu pergi.

Datang barisan berikutnya, kini membawa kawat yang untuk mengikat tiap beton. Berikutnya lagi membawa atap. Setelah tak kurang dari 5 menit. Sekolah kami sudah berpagar tinggi nan kokoh. Kami semua ketakutan. Entah apa maksudnya. Lalu setelah keheningan yang menakutkan kami ke halaman depan. Ternyata sudah berkumpul orang-orang dewasa beserta pasukan Jepang berbaris lengkap. Saat kami tiba di sana, pak kepala sekolah sedang menjabat orang Jepang sambil tersenyum. Ngeri.

Lalu saya terbangun dari tidur. Jam sudah menunjuk 04:20. Saya terlambat bangun sahur lagi. Entah apa maksudnya.

Karawang, 100715 – BII Rate plus. PNE KPR

3 thoughts on “Semalam Saya Mimpi

Leave a Reply

