Interstellar: OverBlown – OverLong – OverRated – Disapointing

Murph: Dad, why did you and mom name me after something that’s bad?| Cooper: Well, we didn’t | Murhp: Murphy’s law? | Cooper: Murphy’s law doesn’t mean that something bad will happen. It means that whatever can happen, will happen.

Di era hiburan  sebanyak ini, di mana kita tinggal memilah dan memilih jargon ‘save the best for last’ sudah tak berlaku lagi. Untuk membuat orang terpesona harus dibuat wow dari menit pertama. Di masa sekarang ini dimana menikmati film bisa dengan mudahnya, waktu luang sangatlah berharga. Durasi sangat berpengaruh untuk memberikan sebuah nilai akhir. Dan Interstaller punya waktu 2 jam 44 menit dengan bagian terbaik hanya setengah jam. Boring Boring Nolan…

Cooper (Matthew McConaughey) adalah petani. Catat ya, petani! yang berada dalam dilema. Dengan seorang anak perempuan Murph (Mackenzie Foy) dan laki-laki Tom (Timothee Chalamet) dirinya bimbang apakah harus berangkat ke luang angkasa ataukah bertahan? Petani bertransformasi jadi astronot, mudah-mudahan Nolan tak salah minum obat. Dirinya punya keluarga yang dicinta jadi menerbangkan pesawat ulang-aling tentunya berat, takut ga bisa kembali. Ayahnya Donald (John Lithgow) meyakinkannya untuk menyelamatkan dunia harus ada pengorbanan. Murph tak mau ayahnya berangkat, dia ‘berfirasat’ dari kode yang dikirim ‘hantu’. Namun dengan tetesan air mata, Cooper maju terus. Prof Brand (Michael Caine) membuat teori bahwa di ‘sana’ ada planet yang bisa dihuni. Putrinya Brand (Anne Hartaway) bergabung juga dalam misi ini. Berhasilkah para astronot ini pulang? Berhasilkah mereka menemukan planet baru? Hantu apakah yang ditemukan Murph?

Setelah trilogi Batman yang memukau, tentu saja saya tak salah kalau memberi ekspektasi tinggi sama film-film Nolan. Sayangnya tak ada hal baru yang ditampilkan, pencarian Tuhan silakan tonton Prometheus. Teori lubang cacing? Itu bukan barang baru. Pencarian planet untuk dihuni, sudah banyak kartun yang membahasnya. Berpetualang di angkasa dan ingin kembali? Momen itu sudah ditampilkan tahun lalu. TARS? Penggemar Star Wars akan mencak-mencak kalau bilang itu karakter luar biasa. Saya tak mau bahas 2001: Space to Odysey ya. Penggemar Nolan bisa nangis mendengarnya. Mungkin maksud Nolan, tema barunya adalah seorang petani bisa jadi astronot. Yah, berbanggalah Indonesia kita Negara Agraris. 20 tahun nanti mungkin Indonesia menjadi pemimpin penjelalahan luar angkasa. Yah, siapa tahu.

2,5 jam adalah waktu yang saya perlukan untuk merampungkan baca Beatrice and Virgil, itu buku bagus dari Yann Martel. 2,5 jam adalah waktu yang saya butuhkan untuk mencuci baju, makan, mengepel lantai dan mencuci SiKusi-ku, beruntun. 2,5 jam adalah waktu yang bisa saya luangkan untuk ngopi bareng teman dan saudara. 2,5 jam bisa saya gunakan untuk bercengkrama dengan si May dan Hermione. Yang jelas 2,5 jam tak akan digunakan untuk sekedar ngupil. 2,5 jam untuk Interstellar sungguh menggelikan. Harusnya bisa dipangkas durasinya, banyak adegan ga perlu. Berlebihan rasanya sampai bilang ini film bisa meledakkan pikiran, berlebihan rasanya untuk cerita ‘sederhana’ seperti ini butuh waktu lama, berlebihan rasanya kalau bilang ini masuk best-all-of-time-movie. Memang, banyak film berkelas dengan durasi lebih dari 2,5 jam tapi untuk film terbaru Nolan ini sungguh mengecewakan. Kalau kalian berharap akan se-wow Inception, kalian bakal kecewa –padahal Inception juga ga wow banget-. Kalau kalian berharap semenarik Batman, kalian bakal kecewa. Kalau kalian menginginkan kejutan ala Prestige, kalian bakal kecewa. Interstellar memberikan kebosanan, bahkan dibanding Gravity, film ini kalah kelas. Jadi maaf Nolan, untuk film sekelas buatan Anda, ini masuk daftar buruk. Berada terbawah kedua setelah Insomnia. Itukah hukum Murphy bos!?

Interstellar | Director: Christopher Nolan | Screenplay: Christopher Nolan, Jonathan Nolan| Cast: Matthew McConaughey, Anne Hartaway, Michael Caine, Jessica Chaistain| Tahun Rilis: 2014 | Skor: 3/5

Karawang, 280515

Iklan

3 thoughts on “Interstellar: OverBlown – OverLong – OverRated – Disapointing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s