Captain America: The First Avenger – Drama Calls Action

Abraham Erskine: Whatever happens tomorrow you must promise me one thing. That you will stay who you are. Not a perfect soldier, but a good man.

Mungkin karena ekspektasiku ketinggian setelah mendengar dan membaca review teman-teman yang bilang bagus, jadinya setelah nonton saya ga mendapatkan klimak yang dicari. Dengan embel-embel ‘best superhero ever made’ kapten Amerika berjalan lambat bak film drama yang tayang di prime time.

Karena saya sudah nonton Avengers dan sekuelnya maka udah tahu adegan di pembuka itu maksdunya apa. Setelah penemuan ‘mahkluk yang tertidur’ setting waktu lalu diputar mundur ke era tahun 40an di mana Nazi sedang digdaya. Johann Schmidt (Hugo Weaving) – nantinya jadi Red Skull – memimpin pencarian sebuah benda dari Asgard, tentu saja kalian tahu apa itu Asgard, benda ini untuk membuat senjata canggih guna meluluhlantakkan Negara musuh. Dibantu Dr. Zola (Toby Jones) akhirnya benda tersebut ditemukan. Sementara itu di Amerika, di kota Bronklyn tersebutlah seorang pemuda kurus dan pendek Steve Rogers (Chris Evans) yang mendaftar ke angkatan perang. Karena fisiknya yang kecil, tentu saja ditolak. Namun Dr. Abraham Erskine (Stanley Tucci) yang sedang melakukan eksperimen malah menunjuk Steve untuk percobaan pertamanya. Bersama Howard Stark (Dominic Cooper) – yup, ayahnya manusia setrika – mereka membuat serum yang disuntikkan ke Steve. Tada…! Keluar dari ruang operasi, Steve jadi kekar berotot. Wah inilah penemuan terbaik abad 21. Mau dong saya…

Dengan bodi baru Steve mengejar penghianat penelitian yang ternyata anggota Hydra. Pengejaran yang seru, Steve bisa melompat jauh, lari kencang, sampai menghajar orang babak belur. Sayangnya penemuan tersebut tak bisa diselamatkan jadinya Steve adalah satu-satunya manusia instan. Dimulailah petualangan di barak tentara, buat film dokumenter dengan seragam ‘Captain America’ sampai memanggil pemuda-pemuda Amerika untuk bergabung dalam angkatan perang. ‘I Want You!’. Cerita akhirnya mempertemukan sang kapten dengan Red Skull. Siapa jagoan sesungguhnya?

Well, penampilan Chris Evans sangat bagus. Salah satu casting superhero paling pas selain Robert Downey Jr tentunya. Totalitasnya dari membentuk tubuh bengkring sampai jadi sixpack perlu diacungi jempol. Ga nyangka aja, Evans yang selengekan bisa jadi berwibawa gitu. Masih melekat di ingatan penampilannya sebagai salah satu anggota F4 yang kacrut. Cast yang lainnya juga sangat Ok. Hayley Atwell jadi pemanis yang pas, saat perpisahan di mobil itu lucu sekali. Tommy Lee Jones tampil cool seperti biasanya. Sayangnya film ini lebih ke drama yang kurang menyentuh. Aksinya kurang, kejutannya tak ditata rapi sehingga terkesan dilepas, dan kekalahan musuh utama yang kurang memorable. Rasanya emang kurang nendang. Jatuhnya malah terlihat wagu, bukan klasik.

Film rilisan 2011 yang berarti sudah melewati tiga film: Avengers, Winter Soldier dan Age of Ultron baru saja saya tonton. Tinggal membuktikan film ‘tentara musim dingin’ yang katanya penuh aksi. Mudah-mudahan sesuai harapan.

Captain America: The First Avenger | Directed by: Joe Johnson | Cast: Chris Evans, Hayley Atwell, Sebastian Stan, Tommy Lee Jones, Hugo Weaving, Dominic Cooper, Stanley Tucci | Skor: 3.5/5

Karawang, 270515

Advertisements

8 thoughts on “Captain America: The First Avenger – Drama Calls Action

    • Setuju untuk kesolidan cerita. Secara cerita memang bagusan First Avenger, yang Age of Ultron itu hanya hura-hura action. Ekspektasi menentukan penilaian akhir.

    • file Winter Soldier sudah ada, tinggal cari waktu luang untuk menikmatinya.

      Untuk tubuh evans jelas itu ga 100% asli, tinggi badan tak bias dimodifikasi secepat itu.

  1. Dan semuanya bermula di sini… Ada bapaknya Tony Stark, perisai dari bapaknya Tony, batu berlian segiempat, dan ajakan Nicky Fury untuk bergabung dalam Avengers! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s