Black Hat: Extremely Disapointing Mann

Elias: This isn’t about money. This isn’t about politics. I can target anyone, anything, anywhere.

Gila, ini gila! Sutradaranya adalah Michael Mann, aktornya Chris Hersworth. Filmnya berantakan ga ketulungan. Sulit diterima akal sehat, seorang Mann membuat film seburuk ini. Nonton bareng si May, dia juga complain ada film tak jelas seperti ini. Dia mencoba melihat sisi positifnya ada setting Jakarta dengan muncul sekali Bahasa Indonesia. Sisanya meh!

Film dibuka dengan meyakinkan. Ini adalah film hacker/cracker jadi tampak megah saat ditampilkan detail jaringan dengan menyelami jalur-jalur komunikasi dalam computer. Rumit dan berkedip. Setelah beberapa menit yang berputar-putar dalam jaringan, efeknya adalah ledakan. Pemerintah kelabakan, ada sabotase server dalam komputer mereka. Lalu muncullah, Nick Hartaway (Chris Hemsworth) dalam penjara. Ceritanya Nick adalah tahanan karena menyalahgunakan keahlian membobol jaringan untuk kepentingan pribadi. Pemerintah membutuhkan bakatnya, sehingga dia pun dipanggil agar membantu memecahkan kode-kode binary. Tawaran diterima, Nick minta imbalannya adalah potong masa kurungan. Lalu dimulailah petualangan black hat!

Bersama Chen Lien (Wei Tang) bahu membahu membongkar sindikat jaringan cracker dari Chicago, Los Angeles, Beijing, Hongkong sampai Jakarta! Yup, setting film merembet sampai ibu kota kita. Beberapa terdengar orang berdialog menggunakan Bahasa Indonesia. Saat adegan penyelundupan melalui jalur laut, terdengar seseorang berteriak — hhmmm… lupa — , bilang bahwa ini sudah semuanya. Yang mendeteksi kalimat itu justru istri saya, dia heran. Saya yang udah ngantuk berat karena plot yang lambat mencoba rewind, oh benar ternyata pertarungan sampai di Jakarta. Sayangnya itu satu-satunya daya pikatnya. Sisanya tak masuk akal, kaku, tembak-tembakan yang buruk, plot hole dimana-mana dan boring.

Entah apa yang ada dalam benak Mann, film ini buruk sekali. Salah satu yang terjelexx tahun ini. Padahal Mann adalah orang yang mempesona kita dalam Heat yang legendaris itu. Sebelum menonton saya sudah dikasih peringatan, ini film ga jelas. Karena saya selalu harus nonton dulu baru komentar maka ya saya buktikan dan ternyata benar. Mengecewakan sekali. Maaf Mann saya harus bilang ini film sampah. Black hat, sang ahli komputer diperankan Chris memalukan para hacker yang biasanya terlihat cool jadi terlihat idiot. Duh!

Black Hat | Directed by: Michael Mann | Screenplay: Morgan Davis Foelh | Cast: Chris Hersworth, Leehom Wang, Wei Tang, Viola Davis | Skor: 1/5

Karawang, 180515

Advertisements

4 thoughts on “Black Hat: Extremely Disapointing Mann

  1. Memang ceritanya kurang heboh sih. Penggambaran hacking juga kurang, cuma dramatisasi networking yg sayangnya kurang keren. Mungkin krn penulis cerita kurang menguasai dunia hacker/cracker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s