10 Hal Penghambat Rejeki

image

Rejeki di sini bukan berarti hanya uang. Bisa juga karir, anak, pendidikan, pasangan hidup, dll. Dari ‘briefing pagi motivasi dan inspirasi NICI’, berikut 10 penghambat rejeki (diambil dari bukunya ust. Yusuf Mansur):

1. Syirik

Syirik bukan berarti hanya men-dua-kan Tuhan namun bisa juga ke hal-hal yang mendekatinya. Ke dukun misalnya, 40 hari pahala tidak diterima.

2. Meninggalkan Sholat

Jelas 5 waktu yang fardhu jangan sampai terlupakan. Masalahnya kebayakan kita, ibadah itu hanya sebagai penggugur kewajiban. Harusnya dijadikan sebagai kebutuhan. Harusnya.

3. Durhaka Terhadap Orang Tua

Doa ibu itu mujarab. Sangat ampuh, bahkan jangan sekali-sekali bilang ‘ah..’ terhadap beliau. Kita tak akan bisa membalas segala kebaikan orang tua, setidaknya mencoba membahagiakannya.

4. Zina

Bukan hanya zina dalam arti sebenarnya, zina disini bisa juga yang mendekatinya. Ber-kholwat, pacaran, pegangan tangan dengan yang bukan muhrim. Hindari hal-hal yang menjurus kea rah zina, itu lebih bijaksana.

5. Makan Rejeki Haram

Di NICI ada spanduk tertuliskan, “Halal is my choice”. Kita sepakat, berapa-pun rejeki yang kita peroleh harus halal. Titik.

6. Miras

Jadi ingat lagunya bang Haji, “Mirasantika”. Minuman keras apapun bentuknya hindari. Apapun alasannya, jangan pernah meracuni tubuh ini dengan minuman keras.

7. Memutuskan Tali Silaturahmi

Kelihatannya sepele, namun menurutku ini yang paling berat. Bersilaturahmi, berkunjung ke rumah teman atau saudara. Sekedar sms menanya kabar. Saya orangnya suka mendekam di rumah, setiap ada ajakan keluar main ke teman, sering saya jawab, “kapan-kapan”.

8. Bohong

Memberi keterangan palsu, berkata tak sesuai fakta. Ada dua jenis kebohongan yang diperbolehkan, selain itu jangan.

9. Kikir, Pelit

2,5 % rejeki kita adalah hak mereka yang membutuhkan uluran tangan. Sisihkan. Tips dari saya, kalau ibaratnya 100.000 itu terasa berat, bagi jadi 4 masukkan ke kotak amal setiap sholat Jumat. Ada cerita dari ust. Yusuf Mansur: uang yang kita sumbangkan akan dikalikan 10. Contoh: kita punya uang 100.00, kita masukkan ke kotak amal 50.000. Sisanya berapa? Mulai sekarang kita jangan nanya sisanya, namun tanya, “jadi berapa?”. 50.000 x 10 = 500.000 plus 50.000 = 550.000. Mari beramal.

10. Ghibah

Bergosip ria, membicarakan orang lain yang baik saja sebaiknya dihindari apalagi yang buruk. Nanti di akhirat ada orang yang keheranan karena mendapat banyak pahala padahal dia tak melakukan kebaikan itu. Ternyata sewaktu hidup, dia sering digunjing. Pahala orang yang menggunjing akan dialihkan kepada penggunjing. Hati-hati.

Karawang, 100415 – Hermione 8 bulan

Advertisements

3 thoughts on “10 Hal Penghambat Rejeki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s