Dracula Untold: Bend the History

“To fight evil, a hero will turn to darkness”

Film bukan sekedar film. Banyak makna tersirat dari sebuah gambar berjalan. Dracula Untold mencoba membengkokkan sejarah.

Film berkisah tentang Vlad (Luke Evans) bersama keluarganya terancam. Sultan Mehmed II yang sudah menaklukkan Kontantinopel meminta setiap keluarga yang memiliki putra untuk dididik menjadi prajurit Persia, seribu anak muda. Vlad, sebagai seorang penguasa Transylvania berkewajiban untuk melindungi warga dari ketakutan tersebut. Namun dia juga mencoba menenangkan Ingeras (Art Parkison), putranya yang beranjak remaja. Vlad meminta bantuan monster yang hidup di gua, dimintanya Vlad meminum darah untuk perjanjian hitam. Setelah meminumnya, Vlad menjadi kuat namun kekuatan tersebut juga yang membuatnya lemah, takut sinar. Kesakitan luar biasa, dan harus meminum darah untuk bertahan hidup. Persekutuan yang mengerikan. Dengan power luar biasa, Vlad yang menolak menyerah mengajak warga untuk hijrah. perjalanan yang penuh darah dan harus dibayar mahal, sangat mahal.

Buruk. Sebagai seorang muslim saya benar-benar muak dengan film ini. Sejarah hebat Islam dalam penaklukan Kontantinopel dibuat rusak. Menurut sejarah yang pernah saya baca, Muhammad Al-Fatih (dalam film disebutkan Sultan Mehmed II) adalah sultan dari kerajaan Utsmani yang paling hebat, beliau tidak mati di tangan dracula. Justru sebaliknya Dracula yang kalah perang.

Dalam hadist diriwayatkan bahwa Rosullah bersabda: “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan” (HR Ahmad bin Hanbal al-Musnad 3/335). Pemimpin yang dimaksud itu tak lain adalah Muhammad Al-Fatih, lalu beliau menjadikan Kontantinopel sebagai ibu kota dan mengubah namanya menjadi Islambul – Negeri Islam. Akhirnya berubah nama menjadi Istanbul. Rencanya beliau memperluas penaklukkan menuju Romawi di Italia, sayangnya niat tersebut tidak kesampaian karena di usia 52 tahun beliau meninggal.

Bayangkan sejarah hebat tersebut dirusak oleh Untold! Berikut beberapa penyimpangan sejarah:

1. Film: Sultan Mehmed II dan pasukannya begitu kejam membunuh prajurit musuh, terlihat jasad dipanggang dan ditusuk dari ubun-ubun sampai bawah. Fact: Justru sebaliknya, Vlad dikenal sebagai the Impaler – sang penyula. Kekejamannya sudah terkenal bahkan rakyatnya sendiri ketakutan.

2. Film: Sultan Mehmed II meninggal digigit Dracula Fact: Al-Fatih meninggal dalam perjalanan menuju Romawi Italia karena sedang sakit. Ada yang bilang dokter meracuninya, ada yang bilang beliau memaksakan berjihad padahal masih sakit, yang pasti tidak digigit Dracula. Vlad kalah perang, pasukannya kocar-kacir.

3. Film: Vlad berkuasa di Transylvania. Fact: Vlad hanya menguasai daerah Wallachia, Rumania.

Dracula Untold | Director: Gary Shore | Screenplay: Matt Sazana, Burk sharplee | Cast: Luke Evans, Dominic Cooper, Sarah Gadon | Skor: 2/5

Karawang, 160315

Advertisements

4 thoughts on “Dracula Untold: Bend the History

  1. Pingback: Film : Fiksi Atau Fakta? | Perspektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s