Dawn Of The Planet of The Apes: War Has Begun

Visual CGI nya halus, pertempurannya dahsyat, sayangnya ceritanya mudah diprediksi. Film langsung lanjut dari ending Rise of the Apes di mana koloni kera berhasil menyeberangi Golden Gate dan hidup damai di hutan. Koloni kera yang dipimpin oleh Caesar (Andy Serkis) pada suatu hari berburu rusa, namun tiba-tiba ada beruang yang coba menyerang anak Caesar yang beranjak dewasa xxx. Untung diselamatkan Koba (Toby Kebbell) teman Caesar, mereka adalah eks kera percobaan laboratorium  yang berhasil lolos. Koloni yang damai kemudian jadi terasa terancam saat ada manusia masuk ke hutan. Rombongan Malcolm (Jason Clarke) ke hutan untuk membetulkan saluran air sumber energy listrik yang rusak. Caesar dan kawan-kawan menolaknya, apalagi manusia membawa senjata. Namun setelah berkali-kali mencoba, akhirnya Caesar mengizinkannya selama 3 hari.

Keadaan manjadi gaduh saat diketahui rombongan membawa senjata, berarti melanggar kesepakatan. Caesar dengan marah melempar bedil nya ke danau, nah pas adegan ini saya langsung menimpali, oh Nobel Perdamaian for Caesar please… bahwa perang hanya akan merusak harapan, masa depan, dan keluarga. Waktu semakin menipis, kepercayaan dirusak. Di saat bersamaan, Koba yang selalu berfikir negative tentang manusia menyelidiki kemungkinan manusia akan menyerang, dan malah mengambil tindakan sendiri. Dia berpendapat bahwa Caesar sudah tidak di sisi kera, karena berfikir dia lebih mencintai manusia. Pemberontakan dimulai, Apes together strong!Caesar ditembak, rumah koloni dibakar. Kera menyerang. Siapa kuat?

Film pertama luar biasa, saya memberi nilai 5/5 untuk Rise. Namun di film kedua ini ada banyak penurunan. Sayang sekali James Franco tak mau ambil peran. Gary Oldman sebagia tetua yang dihormati juga tampil biasa kerena memang scene akan lebih banyak menyoroti trust antara Caesar dan Malcolm. Pertempuran saat koloni berhasil merebut persediaan senjata sangat bagus. Ditampilkan bak perang epik dua kubu. Andy Serkis seperti biasa, tampil total dan sangat bagus. Epic battle di ending juag wow, sampai akhirnya keluar kalimat, “you are no ape” yang jadi salah satu quote terbaik 2014.

Ending sendiri menggantung, wajah Caesar di close-up tanpa diberitahu tindakan apa yang diambilnya. Bisa jadi disimpan untuk film ketiga, harus langsung tempur habis-habisan di pembuka nanti. Poin penting dari film ini adalah, bukan hanya dunia manusia yang ada penghianat. Dunia kera pun sama saja, selalu ada yang mencoba menusuk dari belakang. Lalu kepercayaan, bahwa kepercaayn itu mahal harganya, jangan sampai dirusak. Sekali rusak, aib takkan bisa dihapus. Caesar sempat mengira bahwa kera lebih baik dari manusia, tanpa permusuhan, tanpa iri dengki. Namun pemberontakan yang terjadi membuatnya kecewa dan berujar, “how much like them wa are..” Yak kita disamakan dengan kera oleh seekor kera. J

Terakhir, kelemahan utama film ini hanya satu sehingga tak dilirik oleh juri Oscar, yaitu taka da tulisan: based on true event. I’m saving the human race! Gooooo…..

Dawn Of The Planet of The Apes | Directed by: Matt Reeves | Screenplay: Mark Bomback, Rick Jaffa | Starring: Andy Serkis, Gary Oldman, Jason Clarke, Toby Kebbell | Skor: 4/5

Advertisements

9 thoughts on “Dawn Of The Planet of The Apes: War Has Begun

  1. Pingback: Oscar Prediction 2015: Look Up, Who’s Fly! | Lazione Budy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s