Membangkitkan Energi Kedua


Saya dapat materi ini dari briefing pagi bersama seluruh staff office NICI. Tapi minggu lalu saya kembali menemukannya di buku “Kubik Leadership” yang pada dasarnya sama. Dan berikut saya kutip dari buku tersebut.
Energi Kedua adalah energi metafisik yang dapat digunakan untuk me-recharge energi serta men-tube up proses penyaluran energi dalam tubuh. Energi metafisik ini dapat diperoleh dengan mengatur frekuensi gelombang otak. Pada umumnya otak kita memiliki gelombang dengan tingkat frekuensi yang berbeda-beda tergantung kondisi kesadaran kita. Gelombang itu adalah gelombang Beta, Alpha, Tetha dan Delta.
1. Gelombang Beta (12 Hz – 30 Hz) * cyles per second
Gelombang ini dipancarkan oleh otak kita ketika kita dalam keadaan siaga dan konsentrasi, ketika pikiran kita sedang aktif, misalnya ketika serius bekerja, berolahraga ata sedang melakukan aktivitas presentasi. Gelombang otak yang paling dominan adalah Beta. Sebagian besar waktu kita terjaga ada di gelombang ini.
2. Gelombang Alpha (8 Hz – 12 Hz)
Ketika kita sedang mediasi ringan, sholat khusuk, atau kontemplasi pada sat itulah kita sedang ada di gelombang Alpha. Gelombang ini juga sering diasosiasikan dengna kondisi terbaik untuk belajar dan munculnya kreatifitas.
3. Gelombang Teta (4 Hz – 8 Hz)
Orang yang sedang ada di gelombang ini merasakan tingkat relaksasi yang dalam, juga pengalaman mediasi yang lebih dalam. Saat di gelombang ini sering kita alami ketika badan kita sangat relaks dan hampir tertidur, tapi tidak sampai benar-benar tertidur pulas.
4. Gelombang Delta (0.5 Hz – 4 Hz)
Kita ada di posisi ini ketika kita sudah tertidur pulas, berada di gelombang ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
Dari keempat gelombang tersebut, ternyata untuk membangkitkan energi kedua dengan melakukan relaksasi Alpha, Tidur Teta dan rangsangan energi di atas gelombang Beta (Gamma). Caranya? Meditasi ala The Silva Method, sholat lebih khusuk (untuk Muslim), sehabis teduh (untuk Nasrani) atau meditasi ala Budha. Lalu tidur Teta pada intinya adalah tidur dengan efektif. Sedang untuk masuk ke gelombang Gamma, katanya orang akan merasa seperti meyatu dengan alam.
Ruang HRD NICI – Karawang, 100914

Advertisements

2 thoughts on “Membangkitkan Energi Kedua

    • ya, yang dimaksud membangkitkan energy kedua salah satunya agar belajar lebih efektif karena konsentrasi dan daya tangkap jadi peka.
      hebatnya lagi, katanya kalau udah tingkat mahir baca buku sehalaman penuh bias dilakukan dalam sedetik. katanya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s