(review) August: Osage County – Marriage is hard

Gambar

Lihat poster filmnya, seluruh orang yang ada dalam gambar tersebut adalah keluarga besar. Apa yang terjadi sehingga bisa seribut itu? Inilah film dengan bertebaran aktor kaliber Oscar, jadi set ekspekasimu dengan tinggi (mungkin). Berdasarkan buku pemenang Pulitzer Prize dan Multiple Tony-Award karya Tracy Letts. Orang yang menghantar Anda ke cerita Killing Joe.

Film dibuka dengan percakapan (lebih seperti sebuah monolog) antara seorang pria renta, penyair Beverly Weston (Sam Shepard) dengan calon pembantu rumah tangganya, Johnna Monevata (Misty Upham). Lalu sang penyair menghilang, beberapa lama kemudian dia ditemukan bunuh diri.

Sebuah keluarga harus berkumpul saat ada berita duka atas kematian ayah/kakek/adik/kakak/mertua (tergantung dari sudut panjang setiap karakter) mereka. Mereka pulang kampung ke Osage County kota kecil di utara Oklahoma, datang dari berbagai kota untuk mengantarnya ke tempat peristirahatan terakhir. Lama tak jumpa, beberapa di antaranya canggung. Reuni keluarga ini terdiri dari Violet Weston (Meryl Streep), suami almarhum yang menderita kanker mulut bersama ketiga putrinya: pertama Barbara (Julia Roberts) datang bersama suami Bill Fordham (Ewan McGregor) dan anaknya Jean (Abigail Breslin), kedua Karen Weston (Juliette Lewis) dan pasangan Steve Heidebrecht (Dermot Mulroney) serta yang ketiga Ivy (Julianne Nicholson) si bungsu yang masih lajang. Hadir juga Mattie Fae (Margo Martindale) adik Violet, bersama suaminya Charles Aiken (Chris Cooper) beserta anaknya Little Charles Aiken (Benedict Cumberbatch). Awal film lambat, namun bersabarlah, setelah drama panjang pengenalan setiap karakter, keluarga besar ini makan malam. Sentral cerita ada pada Violet dan puti sulungnya Barbara. Lihat teaser poster-nya mereka berpelukan, karena dalam perjalanan drama ini kita akan tahu mereka berdua rapuh.

Makan malam yang awalnya tenang berubah menjadi kacau saat Violet yang suka merancau membuat perdebatan sengit. Saling serang, saling tangkis kata-kata. Malam yang harusnya dami karena ada keluarga meninggal malah jadi berantakan. Adegan makan malam yang panjang ini seperti bilang: ‘begini lho sebuah dinner scene harusnya dibuat’. Enak ditonton dan rasanya kita ikut menikmati renyahnya kalkun goreng, yah walau akhirnya ditutup dengan kopi pahit. Konflik keluarga ini berlanjut besoknya, satu per satu rahasia kelam masa lalu antar personal terkuak. Silsilah keluarga yang awalnya selurus kain dadung kini bagai benang kusut tersiram air.

Sampai akhirnya kita disuguhkan percakapan tiga orang di meja makan, takut spoiler saya ga menyebutkannya. Siapa saja mereka tonton sendiri biar lebih nikmat. Scene ini layak diabadikan sebagai salah satu adegan drama terbaik 2013. Seperti dinner yang sebelumnya kacau, makan pagi kali ini berlangsung meriah. Saling bentak, saling lempar piring (ga ke orang sih, ke lantai kenceng-kencengan) dan sampai akhirnya ada yang walk-out. Adegan yang dibuat sungguh luar biasa. Detik-detik inilah yang membuatku kembali yakin, Meryl akan kembali menang oscar. Lalu penampilan Benedict yang kaku, seperti misscast untuk seorang yang dipanggil si anak manis. Julia Roberts berhasil mengimbangi Meryl, teriakan kepadanya: Eat the fish, Bit*h! bisa jadi quote yang dikenang. Akankah dia akan menang oscar? Persaingan ketat dengan si montok Jennifer Lawrence yang bermain dalam film American Hustle, sang pole position. Secara keseluruhan saya puas lihat A:OC, walau ceritanya hanya berpusat dalam sebuah rumah, namun penampilan para bintang membuat film ini menjadi berkilau.

I’m so glad one of my girls stayed close to home. In my day, family stuck together.”

August: Osage County

Director: John Wells – Screenplay: Tracy Letts – Cast: Meryl Streep, Julia Roberts, Chris Cooper, Ewan McGregor, Abigail Breslin, Benedict Cumberbath, Margo Martindale – Skor: 4/5

Karawang, 260214

Iklan

21 thoughts on “(review) August: Osage County – Marriage is hard

  1. Sepertinya menarik. Jadi pengin nonton. Btw, yang transfer itu… sekitar 280 K. Kata teman tepatnya 282 ribu. saya nggak ngecek buku tabungan, tapi cek atm nambah sekitaran itu lah 😀

  2. Woh… woh… Sepertinya ada pelajaran dan pesan moral dalam film ini untuk para keluarga besar ya…. *sok tahu

    Masukin ke daftar film yg mau ditonton dalam waktu dekat ini ah, hehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s