(review) Captain Phillips: You’re Not Just A Fisherman!

Gambar

Muse: “Relax, captain. Relax. We (are) not Al Qaeda here. Just Business.

Akhirnya ada juga film Oscar tahun ini yang membuatku terkesima. Setelah dibuat jenuh dengan Her, menggila dengan The Wolf of Wallstreet, melayang tak tentu arah dalam Gravity dan miris oleh 12 Years ASslave, muncul juga kepuasan sampai viewgasme pasca menonton Captain Phillips. Tom Hanks layak dapat Oscar!

Berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada 6 – 10 Juli 2009 dari buku Richard Phillips: A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea, tentang sebuah pembajakan kapal kargo M.V Maersk Alabama oleh perompak Somalia. Film disusun dengan sangat rapi dan detail, khas Greengrass orang dibalik sekuel Bourne. Dimulai dengan persiapan pemberangkatan kapal di sebuah pelabuhan, menampakan sekilas kehidupan bahagia keluarga sang kapten. Keberangkatannya yang berpisah sama istrinya Andrea Phillips (Catherine Keener). Lalu saat jangkar diangkat, dimulailah perjalanan drama ini. Saat sesi pengenalan karakter di waktu yang bersamaan kita akan disuguhkan sekilas persiapan para perompak. Saat sudah di tengah lautan di perairan Djubouti, Somalia kita disuguhkan dengan sebuah kapal kargo besar sarat barang dengan dua speedboat kecil yang berisi para antagonis. Sang kapten menyadarinya, maka dia menginstruksikan para awaknya untuk mengikuti procedure penyelamatan. Bersama awak kapal Shane (Michael Chernus) dan kepala ruang mesin Mike Perry (David Warshofsky) mereka berusaha menghindar. Sempat mengecoh sang penjahat, yang membuat ciut nyali. Kapal boat bajak laut mundur salah satu dan jagoan kita sementara menjauh aman. Namun saat pergantian malam dan keyakinan bahwa kapten kapal hanya menggertak, empat perompak yang terdiri dari Bilal (Barkhad Abdirahman), Muse (Barkad Abdi), Elmi (Mahat M Ali) dan Najee (Faysal Ahmed) kembali berusaha mengejarnya. Hasilnya sebuah epic drama yang luar biasa menegangkan.

Akhirnya para perompak berhasil memasuki kapal kargo dan mendudukinya. Kapten dan kru mencoba melawan dan bertahan hidup ditengah kepanikan. Saat sepertinya mereka berhasil menguasai kapal, sebuah pemberontakan kecil terjadi yang membuat pimpinan mereka, Muse ditawan. Sempat menawarkan uang damai dan melepas kapal sebagai solusi akhir, para perompak menolak dan saat Muse dilepas, mereka balik menyandera kapten Phillips dengan melepas sekoci memisahkan diri dari kapal kargo. Lalu infomasi ini sampai ke Pemerintah Amerika yang segera mengirim pasukan pembebasan. Sekoci yang berlayar menuju Somalia dihadang oleh pasukan Angkatan Laut Amerika lengkap. Faktanya penyelamatan yang dilakukan AL Amerika ini diperintahkan langsung oleh presiden Obama yang terdiri dari tiga kapal penghancur: US Boxer, US Brainbridge, dan US Halyburton. Bagai David lawan Goliath, adu nyali, kucing-kuicngan dan tawar-menawar terjadi sampai akhirnya sebuah tindakan nekat sang kapten dengan melompat ke laut untuk melarikan diri nyaris mengakhirnya. Bagaimana akhir drama penyanderaan ini? Silakan tonton dan nikmatinya sensasi tensi tinggi yang tersaji. Mungkin ending-nya sudah bisa ditebak tapi suguhan drama di atas laut ini sungguh menakjubkan.

Kita sepertinya berharap segera bebas, namun di satu sisi semakin menit durasi menipis kita semakin dibuat deg-degan. Ada sebersit simpati terhadap perompak namun tak semua. Sebuah letusan akhirnya menandai klimak cerita. Seperti inilah seharusnya film Oscar dibuat. Tegang sampai akhir. Penampilan Barkhad Abdi sebagai Muse juga keren. Memang layak masuk nominasi aktor pendukung terbaik. Sebagai informasi tambahan, dalam kapal kargo tersebut terdiri dari 20 kru berbagai Negara termasuk orang Indonesia.

Kelar menonton ini film saya sungguh terkejut, karena justru tak ada nama Tom Hanks di nominasi best actor. Ini adalah penampilan terbaik sepanjang karirnya. Setelah bermain apik sebagai Walt Disney, dia langsung mengemudikan kapal ini. Aktingnya luar biasa. Mimik tegas sebagai pemimpin, kalut saat kapalnya sudah dimasuki perompak, ketakutan saat hopeless semuanya ditampilkan dengan keren. Saking mengamati layar dengan tensi tingginya saya lupa sama camilan, dan setrikaan yang saya pegang. Campur aduk. Well, inilah film terbaik keluaran tahun 2013.

Dan dengan sudahnya checklist film Captain Phillips ini maka sudah lima film nominasi best picture Oscar yang kulahap. (sementara) Saya menjagokannya! Next: American Hustle, Dallas Buyers Club, Nebraska, Philonema.

Captain Phillips

Director: Paul Greengrass — Screenplay: Billy Ray — Cast: Tom Hanks, Catherine Keener, Barkhad Abdi – Skor: 5/5

Advertisements

21 thoughts on “(review) Captain Phillips: You’re Not Just A Fisherman!

  1. Udah punya film ini. Baru ditonton setengah jam kemarin, langsung di-drop karena gak kuat dengan tensi-nya. Takut gak bisa tidur saking tegangnya. Hahahaa…
    Kayaknya bakalan dilahap sampai habis weekend ini. Harus bin musti! 😀

  2. Filmnya memang keren. Kalau biasanya film2 heroik dibuat dari sudut pandang pasukan penyelamat, kali ini dari sudut pandang korban & bajak lautnya juga. Sangat manusiawi (dan tidak manusiawi sekaligus, karena saking miskinnya Somalia). Cukup menguras emosi.

    Eh kali ini saya sudah nonton filmnya, xixixi…

  3. Saya menonton film ini dalam penerbangan dari Dubai ke Jakarta akhir bulan lalu. Yang paling berkesan adalah adegan ketika si kapten menangis sesaat setelah diselamatkan. Kita dibuat bertanya-tanya, apakah dia menangis bahagia karena telah diselamatkan, atau justru sedih karena perompak yang masih anak-anak itu tewas mengenaskan.

  4. Ini termasuk salah satu dalama top ten film favorit saya tahun 2013!! Keren banget cara mereka menggambarkan adegan penyanderaannya, nggak banyak dar-der-dor tapi mencekam. Tekanan psikologisnya juga tergambarkan dengan nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s