Mata

Gambar

Entah setan apa yang menghinggapinya, hari ini Juan Maguel Mata Garcia (akan) bergabung dengan Setan Merah. Setelah tiga hari penuh mengisi headline gossip transfer winter, akhirnya sore tadi Mourinho mengizinkannya pergi ke Manchester United. Patut disayangkan sebenarnya karena selama dua musim beruntun dia adalah pemain terbaik pilihan supporter. Dengan bandrol yang kabarnya mencapai 37 juta Pound (akan jadi pemain termahal MU sekaligus pemain yang paling mahal dijual Chelsea), The Blues masih untung karena ketika musim panas 2011 dia dibeli dari Valencia seharga 23,5 juta Pound.

Mata mengawali karir profesionalnya di Valencia tahun 2007, setalah menjadi pemain muda binaan Real Madrid. Dia jadi pujaan publik Mestalla walau usianya masih sangat muda. Selama empat musim, Mata mengoleksi 43 gol dari 179 penampilan. Setelah tampil bagus bersama El Che, Mata menarik minat pelatih baru Chelsea saat itu, Andre Villas Boas (AVB). Mata adalah rekrutan pertama dan prosesnya sangat cepat. Kala itu, AVB hanya berujar sangat menginginkan gelandang kiri Spanyol tersebut, tak ada dua hari dia resmi berlabuh di Stanform Bridge. Kalau dillihat sekilas, tampangnya memang mirip AVB. Berjampang, cakep. Awalnya Mata diproyeksikan untuk menyokong penyerang Spanyol, Torres yang selama di tangan Don Carlo redup namun malah Mata yang justru bersinar. Mengenakan nomor keramat 10, lungsuran dari Benayoun, dia melakukan debut saat menang 3-1 atas Norwich City. Mata termasuk pemain yang berkontribusi besar mengantar Chelsea juara Liga Champion untuk yang pertama kalinya di akhir musim 2011/2012. Tak salah jika true blue menyukainya. Menjadi pemain kedua setelah Ruud Gullit tahun 1996 yang menyabet best player di musim perdana.

Di musim keduannya, bersama midfield baru Oscar dan Hazard yang begitu mobile di tengah, Mata tetap tak tergeser. Lini tengah Chelsea begitu padat dan sungguh mumpuni, dia tetap stabil penampilannya. Sempat terseok di liga, Chelsea yang berganti nahkoda dari Di Matteo ke Benitez, mengakhir musim dengan gelar Piala UEFA. Gelar yang sejujurnya tak pernah dalam pikiran kita dan sekali lagi dia terpilih menjadi pemain pujaan fan.

Di musim 2013/2014, Chelsea memasuki era baru menyambut pulangnya the Special One. Gegap gempita Bridge ternyata tak segemelap hati Mata. Pernyataan Jose Mourinho yang secara gamblang mengatakan tak akan cocok permainan Mata dengan strateginya membuatnya tak mendapatkan tempat di tim inti. Waktu itu Jose pernah berujar bahwa dua pemain dipersilakan pergi yaitu Mata dan Luiz. Sebagian fan berang, namun banyak yang santai saja. saya di tengah-tengahnya. Saya sebal kalau dua bintang tersebut tersingkir sementara pas Jose resmi berlabuh ke London saya juga pernah berujar, silakan pilih pemain kesukaan Jose. Selama di tangannya saya optimis Chelsea akan banyak mendulang gelar. Kegalauan fan awalnya tak terbukti, keduanya tetap dalam tim walau minim menit bermain.

Namun saat tahun berganti dan Mata hanya tampil 17 kali, itupun tak penuh dan tanpa gol spekulasi kembali menyeruak. Penampilan terakhir Mata berseragam Chelsea adalah saat menumbangkan Soton 2-0. Saat itu Mata yang starter dan memberi sedikit kontribusi, saat babak kedua belum lama berjalan dia diganti Oscar, saat itulah bahasa tubuh kekecewaan Mata terlihat, dia tak bersalaman dengan Jose dan berjalan lunglai keluar lapangan. Tertunduk sedih. Media pun mencium adanya kemungkinan dia cabut, mengingat ini adalah musim piala dunia sehingga Mata butuh menit bermain lebih untuk satu tempat di timna Spanyol.

Gambar

(ini nih gambar yang ramai diperbincangkan)

“Saya ingin agar dia berada di sini. Saya tidak ingin dia pergi, itulah keinginan saya. Tetapi pintu saya terbuka, pintu klub juga terbuka untuk Mata jika ingin keluar,” Mourinho pasca laga lawan Soton..

Inilah mind game ala Mourinho. Tak ingin pergi namun pintu selalu terbuka. Benar saja, tak ada menit bermain lagi untuknya, kegalauan Mata akhirnya membuka pintu negosiasi dengan manajemen Manchester Untited. Hanya berselang dua hari, keluarga Mata sudah mengkonfirmasi bahwa dia akan ke Old Trafford. Agen Mata langsung terbang dari Spanyol ke Inggirs. Awalnya harga Mata ada di angka 39 juta, namun United menawar 35 juta. Chelsea meminta 37 juta dengan tambahan paket Rooney, mereka menolak. Namun sang pemain sudah berniat cabut sehingga akhirnya Chelsea meminta harga 37 juta, MU menyanggupi. Kamis (23/01) Mata medical, dan Sabtu siang nanti ini tinggal konfirmasi resmi atau 48 jam berselang. Well, ini tawar-menawar kayak di pasar loak aja ya.

Dengan kepergian Mata ke Manchester United, maka berakhir pula cintaku padanya. Kontrak berdurasi lima tahun itu hanya berjalan separuh, yang saya sayangkan adalah Mata ke rival EPL. Walau banyak yang bilang ini strategi Mou untuk merengkuh gelar EPL, karena MU dan Chelsea sudah bersua dua kali maka head-to-head dengan rival big four akan terjadi dengan Mata di dalamnya. Tapi tetap saja saya kecewa. Sesuatu yang lumrah kalau fan benci klub lawan, MU adalah rival langsung Chelsea dalam pemburuan gelar dalam satu dekade ini. Sayang sekali Mata malah pilih ke sana, padahal tahun ini MU hampir bisa dipastikan nir-gelar. Kalau menit bermain, masih banyak klub lain yang siap menampung. Jadi sebelum kata resmi pindah, saya sudah bisa berucap selamat tinggal kepada Mata. MU menyelamatkan Mata untuk menyelamatkan MU. Semoga tak menyesal menyebrang ke Reds Devil. Jadi bagaimana nasib David Luiz selanjutnya?

Karawang, 250114

Advertisements

34 thoughts on “Mata

  1. Mengecewakan… sama mengecewakan saat Rossy pindah dari Yamaha ke Ducati. Kontrak cinta saya pun terhenti..
    Jangan-jangan setelah merasa tidak nyaman, mata akan kembali seperti ulah Rossy. Apakah cinta akan bersemi kembali?kalau saya sih tidak pada Rossy 🙂
    *kok bahasanya jadi ikutan ya?

  2. Semalam, Mata tampil impresif dengan passing yang bagus, jadi salah satu kunci kemenangan MU. Saya pikir strategi bijak juga dari pihak Chelsea yg ke depan tidak lagi bersua dengan Mu, dengan menjual Mata ke MU berarti mereka turut “menyumbang” amunisi untuk menaklukkan rival Chelsea seperti Man City, Liverpool. Alhasil, Chelsea bisa nebeng keberuntungan.

  3. MU masih akan menghadapi lawan2 beratnya Chelsea dalam meraih gelar juara.. Mungkin Mourinho mengirim mata ke MU agar bisa menumpas lawan2 Chelsea tersebut.. Cerdas.. Semoga sukses, Juan Mata, kamu akan senang di United 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s