Eto’o

Gambar

Sejujurnya saya kurang suka dengan striker yang satu ini. Memori luka di laga Liga Champions 2005 masih teringat jelas saat Chelsea tumbang melawan Barcelona. Juga saat Chelsea lawan Inter tahun 2010, dia mencetak gol di Bridge. Perjalanan membawanya berseragam biru musim 2013/2014. Transfer yang kutebak sia-sia mendatangkan pemain tua 32 tahun, setidaknya setengah musim ini dia terseok-seok untuk membuat gol sampai akhirnya Minggu malam lalu dia mencetak hattrick ke gawang Manchester United yang mengantarkan kemenangan meyakinkan sehingga gap dengan Arsenal dan Manchester City tetap terjaga.

Samuel Eto’o memulai karir profesionalnya di Real Madrid pada tahun 1997 – 2000. Di Los Galacticos dia tak menemukan tempat utama, walau tersiar kabar dia kurang tampan untuk sebuah tim penuh bintang. Selama di Madrid dia dipinjamkan ke klub Leganes, Espanyol dan Real Malorca. Lalu tahun 2000 dia hijrah permanen ke Real Malorca, di sinilah dia menemukan ketajamannya. Dengan koleksi 48 gol, Eto’o mengantar Malorca masuk liga Champion untuk pertama kalinya dan meraih gelar Copa del rey. Kegemilangan tersebut mengantarnya berbaju Barcelona tahun 2005. Di Nou Camp dia ada di puncak karir, mengoleksi banyak gelar termasuk gelar individu pemain terbaik Afrika tahun 2005, melanjutkan sukses dua kali sebelumnya. Tahun 2009 setelah mengantar Barcelona meraih treble Eto’o memutuskan pindah ke Inter Milan.

Di Inter inilah dia bertemu dengan Jose Mourinho, dan sukses besar di tahun pertamanya. Kesuksesan treble winner yang pertama bagi tim Italia setelah di final menumbangkan Bayern Meunchen 2-0. Berarti dia dua kali beruntun merengkuh gelar triple, luar biasa. Jalan karirnya tak terhenti di sini. Jose yang pindah ke Madrid untuk menemukan tantangan baru. Setahun berselang Eto’o memutuskan bergabung dengan tim kaya baru Rusia, Anzhi Makhachkala. Dia memecahkan rekor pemain bergaji termahal di dunia, sebesar £350.000/pekan. Nyaris semua orang mengira itulah akhir perjalanan Samuel Eto’o. di masa tua mencari tim yang lebih memberi uang ketimbang gelar.

Tenggelam dari hingar bingar liga kelas atas Eropa, musim kepulangan Jose ke London membawanya kembali ke liga papan atas. Chelsea yang di awal musim gencar mengajak Rooney bergabung akhirnya gagal mendapatkannya sehingga di waktu yang sempit harus mendapatkan striker matang. Saat transfer musim panas akan ditutup, Chelsea mengkonfirmasi melepas Lukaku ke Everton dengan posisi pinjam dan resmi menggaet Samuel Eto’o. Kabar yang sejujurnya melukai saya. Lukaku sudah dalam posisi siap tempur bersama the Blues malah lagi-lagi dipinjamkan. Malah mendapatkan penyerang yang dulu pernah menikam kita. Bisa jadi ini adalah transfer panik atau memanggil mantan anak didik Jose. Setidaknya Eto’o hanya setahun di London, batinku dulu.

“Ini bukanlah keputusan yang sulit. Saya melihat kualitas yang Chelsea miliki, dan saya sangat senang dengan Jose Mourinho, jadi ketika kesempatan itu datang, saya sangat gembira untuk menerimanya.” – Eto’o pasca resmi berseragam Chelsea.

Di Bridge Eto’o hanya bersaing dengan Torres yang masih kepayahan untuk menemukan kembali performanya dan Ba yang tak kunjung menemukan tempat. Namun tetap saja Eto’o gagal tajam. Saya sempat skeptis, Januari ini Chelsea harus mendapat striker matang untuk melapis Torres, mendepak Ba dan menyingkirkan Eto’o. Sampai akhirnya Minggu, 19 Januari 2014 malam dalam laga Super Sunday melawan rival MU, Eto’o cetak tiga gol. Stanford Bridge gemuruh, tiga poin penting yang membuat persaingan tiga besar EPL makin panas. Dengan hattrick pertamanya bersama Chelsea ini, mudah-mudahan Eto’o bisa memenuhi ekspektasi True Blue. Kita lihat saja, sejauh mana Samual Eto’o Fils akan membuat sejarah.

Karawang, 210114

Iklan

8 thoughts on “Eto’o

  1. Dulu, Eto’o adalah pemain favorit saya. Mungkin karena ketajamannya, kelincahannya, dan kekurang tampanannya.. Ya, saya benci melihat pemain bola yang tampan, seakan Tuhan tidak adil.. Tampan yah tampan saja, ndak usah jago… Sampai malam itu Eto’o semakin menghancurkan wajahnya di mata saya.. MU dibredel 3 gol olehnya dengan mimik wajah penuh sukacita, saya berduka.. Oh iya, lain waktu boleh dong ditulis soal Gudjohnsen..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s