Indonesia Gagal Lagi

Image

Untuk kesekian kalinya timnas Indonesia gagal meraih emas di ajang sepak bola pria Sea Games. Berarti kegagalan Sea Games Myanmar menjadikan angka 22 tahun puasa gelar. Terakhir kali Timnas kita meraih juara di Sea Games 1991 Fillipina. Perjalanan Timnas Indonesia U23 menuju final sungguh memprihatinkan. Di laga grup yang berisi lima tim, Indonesia memulainya dengan kemenangan tipis 1-0 lawan tim lemah Kamboja, tim yang biasanya jadi lumbung gol. Permainan kita jauh dari kata bagus. Seperti perkiraan di pertandingan kedua lawan Thailand kita tumbang memalukan 4-1. Timnas kita amburadul di semua sisi. Di laga ketiga tak ada perkembangan berarti. Lawan tim lemah Timor Leste, pendatang baru yang di atas kertas harusnya bisa diatasi malah berakhir tanpa gol. Penyerang kita bikin gregetan. Dan di pertandingan pamungkas grup lawan tuan rumah Myanmar kita menang beruntung, menang bejan 1 gol melalui titik penalti.

Perjalanan lolos ke semifinal yang tak meyakinkan tersebut membuat kita perlu was-was saat di fase knock-out kita melawan musuh bebuyutan Malaysia. Tim Harimau Malaya yang menjadi juara grup sebelah dengan kemenangan seru di laga pamungkas menyingkirkan Vietnam, mereka menatap Indonesia dengan nada optimis. Laga ini sekaligus kesempatan kita untuk melakukan revan dua tahun lalu saat kita tumbang di final. Dengan pasukan compang-camping awalnya banyak yang ragu.

Pasukan menjawab! Di awal laga kita langsung mengambil alih serangan, hasilnya kita bisa leading lewat kaki Bayu Gatra. Melakukan one-two Bayu melakukan shoot yang tak bisa dijangkau kiper Malaysia. Setelah itu ya bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik. Saat kita sudah siap-siap berjingkrak menuju final, kelengahan terjadi. Lima menit sebelum waktu normal selesai kita kebobolan. Berawal dari kesalahan control Andik, bola dapat direbut yang menghasilkan sepak pojok yang kemudian memaksa kita melanjutkan perpanjangan waktu. Tak ada gol tercipta. Ada kejadian unik saat kita menyadari Andik yang masuk sebagai pemain penganti ternyata ditarik lagi. Dan adu penalti, adu bejan, adu tos-tosan, adu domba ini memihak kita. Adalah Kurnia Meiga yang menjadi pahlawan kemenangan. Dua tendangan penalti awal Malaysia dapat digagalkan olehnya dengan tangkapan sempurna. Skor akhir 4-5 yang mengantar kita kembali melawan negeri Gajah Putih di final.

Mengingat skor di pertemuan sebelumnya mencolok 4-1 maka harapan saya tak muluk-muluk, apalagi kalau ditarik sejarah kita melawan mereka yang hanya menang sekali sisanya seri dan kalah. Benar saja kita sudah kebobolan di menit-menit awal. Sisanya kita gatot –gagal total– dalam semua serangan. Skor akhir 1-0 dan kita kembali harus menelan pil pahit. Lagi-lagi perak.

Melihat penampilan Timnas U23 di Sea Games kali ini kita sudah seharusnya syukur dapat juara dua. Perjalanan menuju ke sana sungguh miris. Penurunan drastis dari dua tahun lalu saat kita jadi tuan rumah yang kala itu kita hanya kalah adu penalti. Mengaca pada kesuksesan Timnas U19 yang bisa menjuarai AFF U19 2013 dan melaju ke piala Asia 2014 kita harusnya mengadopsi gaya mereka. Rekrut pemain tanpa ada pemain titipan. Serahkan pelatih berkuasa penuh menentukan skuad. Blususkan ke pelosok negeri untuk menemukan bibit muda berkualitas. Dan yang terpenting jangan direcoki politik. Muak rasanya sepak bola kita dikotori politik PSSI. Sepak bola kita siaga satu.

Kegagalan ini makin lengkap saat penutupan Sea Games hari Minggu kemarin kita ada di posisi empat klasemen akhir. Emas yang diraup jauh dari target. Rasanya gagal seperti jadi nama tengah Indonesia. Entah mau sampai kapan kita bisa raih emas sepak bola lagi.

Karawang, 231213

Advertisements

15 thoughts on “Indonesia Gagal Lagi

  1. Iya ya menyedihkan, padahal kemarin kita semua dah dibuat senang berhasil menang dari Malaysia adu pinalti walau cuma 1 bola..
    Kemarin juga di kantor pas pada lembur sedih liat Indonesia kalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s