Ibadah Pasca Ramadhan

Gambar

Apa yang setelah satu bulan penuh kita kerjakan selama Ramadhan berbekas dan menjadikan kita lebih baik ke depannya? Pertanyaan yang selalu kita utarkan setiap tahun ini selalu saja tak punya jawab pasti, menurut saya. Iman, ya setiap orang keimanannya memang turun naik. 2 tahun lalu saya bisa menyelesaikan puasa syawal tepat waktu. Setahun lalu saya gagal, sehingga hanya menyempatkan puasa 1/4 bulan saja tak bisa. Belajar dari tahun lalu maka untuk syawal kali ini saya langsung hajar di hari pertama kerja. Sehingga ketika sekarang di hari Kamis saya sudah dapat 4 hari. Mudah-mudahan lancar sampai Sabtu nanti. Keutamaan puasa syawal salah satunya adalah menandakan ibadah kita continue atau berlanjut, tidak musiman saja. Syukur-syukur berlanjut puasa Senin-Kamis atau 3 hari tiap bulan.

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ (مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

“Barangsiapa berpuasa enam hari setelah Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.

Pelaksanaan puasa Syawal sederhana saja yaitu puasa 6 hari di bulan Syawal. Diutamakan kelar hari kemenangan disegerakan puasa, atau lebih bagus lagi 6 hari secara beruntun. Andai tak bisa, bolehlah bolong-bolong selama berjumlah 6 di bulan yang sama.

Oiya karena ini puasa sunah, maka dilakukan pasca menjalankan puasa wajib. Artinya kalau puasa Ramadhan bolong, maka wajib membayar puasanya dulu baru menjalankan yang ini. Bagi laki-laki si aman, sebulan kemungkinan bolong lebih kecil. Nah yang cewek yang dapat tamu berarti harus membayar dulu. Ckckck. Selamat deh!

Selain puasa Syawal, pasca Ramadhan yang perlu di-review adalah ibadah sholat dan tadarus, karena sebulan ini getol banget kejar pahala harusnya bulan penuh berkah berakhir ibadahnya berlanjut. Yuk, sama-sama berlomba dalam kebaikan. Moga bisa continue dan istiqomah menjalankan ibadah padaNya.

(lanjutpeliaharajanggut)

Advertisements

13 thoughts on “Ibadah Pasca Ramadhan

  1. Etapi guru ngajiku dulu prnh blng klo boleh puasa syawal dulu tp langsung dilanjut bayar hutang puasa Ramadhan klo khawatir nanti kehabisan waktu di bln syawal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s