Welcome Ramadhan 2013

Gambar

Tak terasa bulan puasa sebentar lagi tiba, setelah kemerdekaan kita makan dan minum di siang hari kita akan menyambut lagi bulan suci Ramadhan. Bulan penuh berkah tahun ini akan dimulai pada hari Selasa, 9 Juli 2013. artinya sholat tarawih untuk tanggal 1 Ramadhan akan dimulai pada Senin malam.

Menentukan awal puasa dalam satu decade terakhir memang gampang-gampang susah. Dulu zaman Orde Baru tidak pernah sepelik ini. Segala aktivitas sosial selalu dikontrol oleh Pemerintah. Termasuk yang satu ini. Saya melewati masa kecil di era tersebut. Tidak pernah ada yang namanya perbedaan puasa atau Lebaran. Semua satu suara dan dalam satu komando dari atas, ga ada tuh berita umat Islam beda hari perayaan ibadah.

Nah setelah era Pak Harto runtuh, perlahan tapi pasti kebebasan yang kebablasan memberikan banyak dampak pada tiap warga. Salah satu yang sangat saya sesalkan adalah merayakan hari besar yang beda-beda. Di era se-modern ini kita malah terpecah. Ilmu pengetahuan yang maju tapi pemikiran yang mundur.

Saya harus akui, sejak kecil pengaruh Muhammadyah ada dalam masyarakat di sekeliling saya. Mulai dari tarawaih 8 rekaat, subuh tanpa qunut sampai kepastian hari perayaan jauh hari sudah dihitung. Maka wajar jika keluarga saya selalu menaati apa yang ada di kalender. Kalau di kalender tertera 1 syawal adalah 8 Agustus 2013 maka kami sekeluarga akan melakukan sholat ied di hari itu juga. Tak pengaruh pada pengumuman apapun. Seperti 2 tahun lalu yang kacau, di saat Muhammadyah memastikan jauh hari Lebaran sesuai kalender tiba-tiba pemerintah yang sebelumnya setia pada kalender merubah hari raya. Sehingga dalam satu kampung perayaannya jungkir balik.

Jelang Ramadhan ataupun hari besar Idul fitri biasanya HP akan ramai oleh ucapan-ucapan selamat. Kebanyakan adalah sms / bbm forward yang sangat tidak kreatif, kebanyakan pula bekas tahun-tahun sebelumnya yang didaur-ulang dengan hanya mengganti tahunnya. Saya sendiri tidak mempermasalahkannya, Cuma kurang kreatif saja. Saya selalu membuat sendiri dengan kalimat sendiri. Walau tak sebagus mereka dan tak se-arab pada umumnya tapi ucapan selamat buatan sendiri rasanya akan teman-teman baca daripada yang forward-an yang saya yakin kalian langusng skip atau malah langsung hapus.

Saya yang masih awam agama setidaknya punya dasar untuk mengikuti apa yang diperintahkan oleh para ahli agama (dalam hal saya berpatokan dengan Muhammadyah). Di era bulan sudah dipijak, internet sudah bukan barang langka, dunia maya mengglobal dan jet berkecepatan angin sudah ditemukan seharusnya perhitungan penanggalan Hijriyah sudah dapat dihitung jauh hari. Namun seperti ibadah puasa itu sendiri, semuanya kembali kepada pribadi masing-masing.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2013. Moga berkah.

Karawang, 050713

Advertisements

14 thoughts on “Welcome Ramadhan 2013

  1. Ini saya sudah mulai banyak dapat sms maaf-maafan menjelang bulan Ramadhan. Tahun kemarin juga begitu 🙂

    Selamat memasuki bulan Ramadhan, semoga kita diberi kekuatan untuk menjalankan ibadah dengan baik dan benar 🙂

  2. sya jg lebih mantab ikut muhammadiyah,dilihat dari berbagai faktor mudhorotnya lbh kcil ktimbang mtode rukyatul hilal yg dipake pmeritntah maupun saudra kita NU, tapi kmbali semua punya dalih dasar yang kuat, jd disini tidak ada yang disalahkan, PRnya bgaimana kita menanggapinya dengan bijaksana,trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s