Surganya Kopi

Dengan uang seribu kamu bisa menikmati kopi dengan banyak pilihan rasa. Well, ini adalah tulisan kedua saya tentang nikmatnya secangkir kopi. Indonesia adalah surganya kopi. Saya tak tahu Negara lain bagaimana, yang jelas di Indonesia kita sangat dimanja. Bayangkan, dengan uang seribu perak kamu bisa menikmati kopi dengan banyak pilihan rasa. Dari yang pahit sampai yang manis, dari yang kelas teri sampai berlabel TOP.

Saya ingat di tahun 2006 saya belum minat yang namanya kopi. Waktu itu dari Perusahaan menyediakan kopi bagi karyawan yang masuk shift malam, baik shift dua ataupun shift tiga. Bahkan kopi dibagikan kepada karyawan per sachet untuk diminum di tempat istirahat atau di pantry. Nah, berhubung saya belum bisa menikmati kopi saya hanya bawa pulang ke kos-an. Ada pula yang diminta teman. Saya juga masih ingat, kopi di kos-an saking tak pernah diminum ada sampai se-plastik besar. Saya masukan ke dalam bok bersama gula, teh dan susu. Se-bok penuh isinya kopi, banyak yang akhirnya masuk bak sampah karena due date.

Sampai akhirnya di tahun yang sama, saya satu kos dengan Purwanto ‘Grandong’. Ini orang demen banget minum kopi sambil mendengarkan musik. Awalnya saya iseng ikut-ikutan minum. Main play station atau main catur satu gelas diminum rame-rame. Dan memang benar caffeine yang terkandung di dalamnya addicted. Memang sih tidak serta merta langsung terjangkit. Berawal dai iseng tersebut dan rutinitas di sore ngobrol sambil menikmati kopi ditambah tugas kuliah yang memaksa untuk tidur lebih larut, akhirnya saya mulai ketagihan.

Dan sampai dengan saat ini saya sudah tak bisa dipisahkan dengan kopi. Setiap hari selalu minum, saya sudah mencoba menguranginya tapi memang susah. Saya tetapkan sehari hanya boleh konsumsi satu gelas. Ternyata berat, setidaknya ketika bangun pagi harus minum. Lalu sore sebagai teman baca minum, malamnya duduk di depan laptop kalau tak ada kopi rasanya ada yang kurang.

Segala jenis dan merk kopi saya coba icip-cicp. Setidaknya ini yang saya ingat: ABC, Nescafe, Coffeemix, Good Day, Torabika, Kapal Api, Top, Luwak White Coffee. Segala rasa juga ada, macam Good Day yang rasa-nya ada banyak pilihan. Good Day bahkan ada yang bisa diminum dingin dengan es.

Kapal Api lebih gila lagi, macamnya banyak. Dan memang terkenal enaknya. Sejauh ini kopi yang payah hanya TOP Coffee. Yang iklannya bang Iwan Fals. Dengan slogan Bongkar! Apa yang di-promosi-kan di iklan jauh dari kata mantab! Walaupun begitu sesekali saya masih meminumnya. Berani jujur, berani bilang TOP Coffee memang tak enak.

Setiap bulan saya selalu saja ada budget untuk belanja kopi. Biasanya beli yang bag isi 30 sachet atau yang mini isi 10 sachet. Jadi bisa sampai 1 bulan. Kalaupun di tengah bualan habis tinggal beli di warung sebelah rumah yang menyediakan hampir semua rasa, kita benar-benar dimanja.

Indonesia, memang surganya kopi.

Karawang, 050613

Leave a Reply

